Health

Rambut Lepek dan Berminyak? Atasi dengan Tips Ini

Tips atasi rambut lepek dan berminyak. Credit Photo: Yelp.com

Sayaajarkan – Masalah rambut gak cuma uban. Saat musim hujan mulai datang seperti ini, kita harus waspada dengan kesehatan dan penampilan rambut. Karena percikan air hujan sekecil apa pun, berpotensi membuat rambut lepek, kusut, dan tak sedap dipandang bahkan bisa cenderung perpotensi membuat rambut jadi berminyak.

Nah, saya punya beberapa tips untuk menjaga rambut agar tetap rapi, sehat, dan bersih selama musim hujan. Sini saya ajarkan.

Jangan gunakan hairspray atau gel selama musim hujan

Jangan gunakan hairspray atau gel selama musim hujan. Karena bahan-bahan di dalam kosmetik rambut tersebut jika kena air hujan akan melekat pada kulit kepala dan bisa menyebabkan ketombe.

Pijat kepala sebellum tidur

Setiap malam sebelum tidur, pijat kulit kepala dengan ujung-ujung jari untuk melancarkan peredaran darah, tentunya saat kondisi kepala dan rambut bersih.

Creambath

Lakukan creambath secara teratur, paling tidak dua minggu sekali untuk menjaga rambut agar jauh dari masalah yang disebabkan oleh efek air hujan pada rambut dan kulit kepala kita.

Ikat rambut

Rambut panjang sebaiknya diikat, dikepang, atau dijepit dengan rapi di atas kepala jika mau keluar ruangan. Rambut pendek sebaiknya ditata sesimpel mungkin sehingga meski basah kena hujan, ketika kering model rambut tidak jauh berbeda.

Pertimbangkan rambut pendek

Jika kamu sering bepergian sebaiknya pilih potongan rambut pendek. Rambut pendek lebih mudah disisir dan dikeringkan. Jika kamu tetap ingin rambut panjang, segera keringkan begitu basah kena air hujan. Bawa selalu handuk dan hairdryer kecil di tas kita.

Hindari minyak rambut

Jangan memakai minyak rambut, karena minyak bertemu air akan menimbulkan bau tak sedap.

Tips atasi rambut lepek dan berminyak.

Supaya kebersihannya terjaga, jangan lupa juga untuk keramas minimal dua hari sekali. Credit Photo: More.com

Setelah kita banyak mewaspadai dan menjaga kondisi rambut saat terkena air hujan secara maksimal, kadang-kadang masalah rambut bakalan muncul secara berkelanjutan. diantaranya adalah rambut lepek dan berminyak yang disebabkan sering terkena gerimis dan air hujan tadi. Ditambah tingginya tingkat polusi di lingkungan kita sangat mempengaruhi terjadinya rambut lepek. 

Sebenarnya rambut lepek atau berminyak diakibatkan ketidakseimbangan di antara kelenjar sebaceous yang mengeluarkan sebum. Sebum adalah kandungan minyak yang melembapkan kulit kepala dan melindungi terhadap polusi. 

Namun, jika sebum berproduksi berlebihan, maka hal ini menjadi masalah, dan membuat rambut mengkilap, berat, dan lengket di kepala apalagi saat bercampur dengan debu dan kotoran yang menempel pada rambut kita saat terkena air hujan.

Saat keramas setelah rambut terkena hujan, sering kali kita hanya mengusap-usap rambut dan kulit kepala dibiarkan saja. Padahal kotoran dan debu itu adanya di kulit kepala. Karena keramas yang tidak benar inilah kotoran dan minyak di kepala menjadi menumpuk sehingga rambut menjadi berminyak.

Bagi kita yang mempunyai masalah rambut berminyak, dibolehkan untuk keramas setiap hari. Namun, tidak perlu menggunakan kondisioner bila keramas setiap hari karena dikhawatirkan rambut malah akan lepek. Jadi, selang-seling saja, sehari pakai kondisioner dan sehari tidak.

Sebenarnya rambut sudah mempunyai kondisioner natural sendiri, yakni minyak di kulit kepala. Hanya saja yang menjadi masalah adalah apabila kadar minyak ini berlebih dan menarik debu dan kotoran sehingga rambut pun akhirnya menjadi berminyak.

Tips atasi rambut lepek dan berminyak.

Ingat, saat keramas, jangan menggosok kulit kepala terlalu keras karena dapat menyebabkan produksi minyak meningkat. Credit Photo: Shutterstock

Cara mengatasi rambut lepek :

Pilih sampo khusus

Pakailah sampo khusus untuk rambut berminyak atau yang mengandung ph netral. Gunakan dalam jumlah cukup (tergantung ketebalan rambut). Jangan diamkan terlalu lama. Semakin cepat kita membilas, semakin baik.

Jangan menggunakan sampo bayi atau untuk anak-anak. Memang banyak anggapan sampo bayi atau anak sangat lembut dan aman. Namun, sampo ini mengandung minyak yang tidak sesuai untuk rambut remaja atau orang dewasa. Hindari juga menggunakan air panas saat keramas.

Pijat kepala saat keramas

Saat keramas sebaiknya pijat kulit kepala dengan lembut (tidak terlalu lama) sebelum mengaplikasikan sampo agar kandungan sampo meresap dan membersihkan minyak berlebihan di kulit kepala dan akar rambut. Membilas pun dilakukan dengan air dingin sampai pada akar rambut.

Keringkan rambut dengan baik

Saat mengeringkan rambut, cukup ditekan-tekan sampai setengah kering dan biarkan kering secara natural. Apabila ingin menggunakan hair dryer, gunakan temperatur rendah. Pegang dengan jarak 15 cm dari rambut Kamu. Jangan biarkan hair dyer berada di area rambut yang sama lebih dari 15 detik. Dan jangan menggunakan hair dryer terlalu dekat dengan akar rambut.

Gunakan sisir dari gading atau plastik maupun kayu dengan gigi jarang dan hindari pemakaian produk styling rambut terlalu sering. Produk-produk ini justru membuat rambut akan menjadi lebih lepek.**

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top
RajaBackLink.com
x