Health

Bau Badan: Tips Atasi Bau Tidak Sedap pada Tubuh

Bau badan. Credit Photo: Shutterstock.com

Sayaajarkan – Masalah bau badan alias BB sepintas kesannya sepele, tapi siapa juga yang mau kehilangan mood gara-gara BB. Aroma badan yang tidak sedap ini bener-bener bakal mengganggu orang sekitar kamu dan bisa merusak mood.

Nah, mending kita kenal dulu penyebabnya. Untuk tingkat yang tidak terlalu parah, masalah ini bisa kita atasi kok. Sini saya ajarkan.

Apasih yang bikin aroma kita kurang sedap?

Aroma tubuh atau bau badan seseorang itu berkaitan dengan 2 hal, yaitu makanan yang kita asup dan kebersihan tubuh. Makanan yang jelas mempengaruhi aroma tubuh, di antaranya bawang putih dan kari. Mengkonsumsi makanan beraroma kuat sudah pasti bikin efek buat aroma tubuh, apalagi kalau ditambah dengan higienitas yang buruk.

Selain faktor makanan dan kebersihan, BB juga muncul karena tubuh kita ini memiliki kelenjar-kelenjar yang memproduksi keringat. Yakni kelenjar eccrine dan apoccrine. Kelenjar eccrine ada di seluruh tubuh, sementara apoccrine ada di lipatan paha dan ketiak. Cairan yang keluar dari kelenjar ini sebenarnya nggak bau, tapi apoccrine memiliki zat yang disuka oleh bakteri dan menjadi makanan bakteri. Di daerah tersebutlah muncul BB tidak sedap. Karena itu jika higienitas tubuh kita kurang terawat, bakteri bakalan terus berkembang dan menimbulkan BB yang lebih parah.

Bau badan.

Percuma penampilan keren kalau masih bau badan. Credit Photo: livestrong.com

Pengaruh cuaca dan suhu tubuh

Saat beraktivitas dan banyak gerak di cuaca yang terik, pasti bikin suhu tubuh meningkat juga. Sistem syaraf bakalan mendorong kelenjar eccrine buat mengeluarkan cairan alias keringat ke permukaan kulit. Fungsi dasarnya adalah untuk menurunkan suhu tubuh. Keringat yang dihasilkan sama kelenjar eccrine tidak berbau, bau hanya akan timbul bila terdapat bakteri di salah satu lapisan kulit (keratin). Jadi alangkah baiknya kamu lebih ekstra perhatikan kebersihan badan kamu saat liburan.

Jangan asal pakai parfum

Bersihkan badan dan mandi secara teratur. Hal itu penting untuk membunuh bakteri nakal. Nah, cara lain yang bisa kita pilih adalah dengan menggunakan bantuan lain, yaitu obat anti bau badan. Ada banyak alternatif yang dipilih, ada deodorant, roll on, body spray dll. Kalau kita cuma pakai parfum, cologne atau bedak yang tidak punya zat aktif pembunuh bakteri, malahan yang ada tubuh kita justru bertambah bau. Sebaiknya, cari produk yang memang punya kandungan zat aktif untuk melawan bau badan. Ingat, gunakan parfum atau spray untuk membuat tubuh wangi, bukan untuk menutupi bau badan. Atau, kamu bisa juga cari deodorant semprot yang sudah di lengkapi pewangi juga.

Bau badan.

Hati-hati pakai parfum, salah-salah, bau badan kamu akan bercampur dengan wanginya parfum hingga menimbulkan bau yang semakin mengganggu. Credit Photo: juksy.com

Tips tambahan:

– Biasakan makan daun kemangi, minimal satu genggam perhari.

– Oleskan irisan mentimun setiap habis mandi di bagian ketiak dan bagian tubuh lain yang berbau.

– Selalu menjaga kebersihan badan, dianjurkan untuk lebih sering mandi dan mengelap bagian tubuh yang sering mengeluarkan keringat.

– Sebaiknya, sering mencukur rambut ketiak biar nggak lembab dan memicu bau.

– Ganti pakaian yang basah oleh keringat dengan pakaian yang kering dan bersih.

– Perbanyak konsumsi makanan berserat dan rendah kalori seperti buah dan sayuran.

– Mengurangi makan pedas, makanan berlemak dan kopi yang jelas-jelas mengandung kafein.

– Memakai deodorant yang berbentuk spray.

Oh iya, biasakan makan sayur atau mengkonsumsi jus dengan kombinasi buah mangga, daun kemangi dan papaya. Karena kasiat yang terkandung dalam buah dan sayur tersebut sangat efektif meminimalis dan menghilangkan bau badan . well, bertambah lagi kan pengetahuan kita tentang si BB.**

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top
RajaBackLink.com
x