Health

Film Horor Ternyata Ampuh Turunkan Berat Badan

Film horor ternyata bisa bikin berat badan turun.

Sayaajarkan – Punya tubuh gemuk menjadi momok bagi banyak orang. Nah, buat yang sedang berusaha menurunkan berat badan supaya lebih langsing, ada tambahan tipsnya yang mudah dilakukan nih. Caranya dengan menonton film horor.

Film horor? Masa sih menonton film horor bisa membantu menurunkan berat badan? Yep, setidaknya menurut penelitian yang dilakukan di University of Westminster, London Inggris, beberapa waktu lalu.

Akibat menonton film yang memompa adrenalin selama 90 menit, seseorang bisa kehilangan rata-rata 113 kalori. Jumlah yang hampir setara dengan sebatang coklat tersebut juga hampir sama dengan kalori yang terbakar saat berjalan kaki selama 30 menit. Nggak nyangka, kan?

Berbagai film dipakai dalam penelitian. Film thriller psikologi yang rilis tahun 1980 lalu, ‘The Shining’ pun menempati urutan teratas dalam membakar kalori sebanyak rata-rata 184 kalori. Sedangkan di urutan kedua ada ‘Jaws’ (161 kalori), dan di tempat ketiga ‘The Exorcist’ (158 kalori).

Film Horor: Seru dan Ampuh Turunkan Berat Badan

Dalam penelitian tersebut, para ilmuwan meneliti total energi yang dikeluarkan oleh 10 orang berbeda. Peneliti mencatat detak jantung, pemasukan oksigen dan pengeluaran karbondioksida, dan menemukan jumlah kalori yang dibakar meningkat rata-rata sepertiganya selama menonton.

IT, salah satu film horor yang punya banyak jumpscares di dalamnya. Credit Photo: HBO.

Para peneliti juga menemukan bahwa film-film dengan jumpscares adalah film terbaik sebagai pembakar kalori karena menyebabkan jantung berdebar. Beberapa contohnya adalah ‘Room 1408’, ‘The Conjuring’, ‘Insidious’, ‘Lights Out’, ‘Don’t Breathe’, ‘The Woman in Black’, ‘IT’, ‘Hereditary‘, ‘Ghost Story’, dan masih banyak lagi.

“Ketika denyut nadi lebih cepat dan darah memompa ke seluruh tubuh lebih cepat, tubuh mengalami lonjakan adrenalin,” kata Dr Richard Mackenzie, dikutip dari The Guardian.

“Ini adalah pelepasan adrenalin yang bekerja cepat, diproduksi selama ledakan singkat dari stres yang hebat (atau dalam hal ini, disebabkan oleh rasa takut), yang dikenal untuk menurunkan nafsu makan, meningkatkan Basal Metabolic Rate dan akhirnya membakar tingkat kalori yang lebih tinggi.”

Bagaimana? Mau mencoba menonton film horor untuk membantu menurunkan berat badan?

Ngomong-ngomong kalau kamu penggemar film, SayaAjarkan.com punya berbagai review film menarik yang kamu bisa simak.

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top
RajaBackLink.com
x