Food

Harus Tahu, 5 Bahaya Makan Cabai Berlebihan

Bahaya makan cabai berlebihan

Sayaajarkan – Ada yang bilang, cewek cantik atau cowok tampan itu rata-rata suka makanan pedas. Entah setuju atau tidak, tapi kandungan dari cabai mampu meningkatkan pembakaran lemak di perut, lengan, pipi, dan bagian tubuh lainnya.

Cabai termasuk dalam suku terong-terongan atau solanaceae. Sayuran yang sering disebut lombok ini mengandung banyak vitamin seperti vitamin A dan vitamin C. Cara menanamnya juga mudah sehingga bisa dipakai untuk kebutuhan sehari-hari tanpa harus membelinya di pasar.

Capcaisin pada cabai merangsang hormon yang menyebabkan detak jantung dan pernapasan menjadi lebih cepat. Sehingga pembakaran lemak pada tubuh akan meningkat.

Nah, tahukah kamu, di luar banyaknya kandungan yang bermanfaat bagi tubuh, sayuran ini juga memiliki efek buruk apabila dikonsumsi secara berlebihan. Berikut di antaranya:

Biarpun doyan banget sama pedas. Harus tetap diperhatikan ya porsinya.

Biarpun doyan banget sama pedas. Harus tetap diperhatikan ya porsinya

Efek Buruk Makan Cabai

Susah tidur atau insomnia

Jika dimakan berlebihan, capcaisin dapat merangsang hormon yang menyebabkan detak jantung dan pernapasan menjadi lebih cepat sehingga kamu akan kesulitan untuk tidur.

Panas di tenggorokan

Hal ini bisa terjadi bagi sebagian orang, terutama yang memiliki kepekaan atau respon tubuh tinggi. Jika merasakan efek demikian, sebaiknya kita segera minum segelas susu atau yogurt. Segelas susu atau yogurt dapat membantu zat capsaicin dalam cabai menjauh dari reseptor saraf untuk mengurangi sensasi terbakar.

Iritasi pada kulit

Selain bikin kepedesan, si merah pedas ini juga dapat membuat kulit kita menjadi iritasi bila dikonsumsi berlebihan. Hal ini karena kandungan zat capsaicin tadi yang mudah mengiritasi kulit.

Nyeri Perut

Makan pedas berlebih bisa mengiritasi dinding lambung, sehingga memicu naiknya asam lambung, Buat yang memiliki sakit maag tentu saja hal ini sangat berbahaya.

Perut Mulas

Yang terakhir ini pasti banyak dialami oleh penikmat makanan pedas. Saat makanan yang mengandung cabai sampai di usus besar dan mengiritasi, tubuh akan mengirim lebih banyak air ke usus, sehingga fases menjadi encer dan mudah keluar.

Nah itu tadi diantaranya efek buruk yang mungkin terjadi bila mengkonsumsi cabai secara berlebihan. Biarpun doyan banget sama pedas. Harus tetap diperhatikan ya porsinya.

Sumber:

– https://hellosehat.com/hidup-sehat/nutrisi/bahaya-diet-cabai/
– https://www.halodoc.com/6-bahaya-terlalu-banyak-mengonsumsi-makanan-pedas
– https://id.wikipedia.org/wiki/Cabai

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top
RajaBackLink.com
x