Health

Cara Pegulat Sumo Tetap Sehat Meski Makan Banyak

Rahasia sehat sumo

Sayaajarkan – Mau makan banyak namun tetap sehat? Mungkin harus mencoba olahraga sumo. Meski obesitas di luar, para pegulat sumo justru sangat fit di dalam tubuhnya.

Pegulat yang identik dengan tubuh gemuk ini malah tak perlu repot berurusan dengan berbagai masalah kesehatan seperti diabetes, tekanan darah tinggi, hingga serangan jantung. Sementara, banyak dari kita mungkin salah makan sedikit saja bisa terkena asam urat.

Porsi makan para pesumo jauh lebih banyak dari kebanyakan orang. Mereka bisa mengonsumsi sebanyak 7.000 kalori per hari dan memiliki berat badan sampai 181 kg atau kira-kira 3-4 kali berat rata-rata orang dewasa.

Ada yang pernah menonton pertandingan sumo? Credit photo: Japan Guide
Ada yang pernah menonton pertandingan sumo? Credit photo: Japan Guide

Rahasia Sehat Pegulat Sumo

Kok bisa ya makan banyak namun tetap bebas dari penyakit?

Dilansir Science Insider, hasil CT scan terhadap pegulat sumo mengungkapkan bahwa mereka justru tidak memiliki banyak lemak perut. Alih-alih, lemak tersebut justru tersimpan di bawah lapisan kulit. Para ilmuwan percaya hal itu lah yang menyebabkan pegiat seni beladiri kuno ini tetap sehat meskipun gemuk.

Hal ini bisa terjadi lantaran beratnya olahraga yang mereka tekuni. Para pesumo harus latihan sangat berat setiap harinya. Mereka bisa menghabiskan waktunya lima jam tanpa henti di heya (tempat latihan sumo), dimulai sejak pukul lima pagi. Latihan macam butsukari-geiko pun kerap dilakukan.

Butsukari-geiko adalah latihan menabrak dan mendorong satu sama lain secara berulang-ulang, hingga seorang dari mereka jatuh ke lantai karena kehabisan tenaga. Belum lagi tentunya saat latihan tersebut dipraktekan dalam pertandingan.

Aktivitas dalam olahraga sumo tersebut lah yang meningkatkan hormon bernama adiponektin. Adiponektin mengusir molekul glukosa dan lemak keluar dari aliran darah sehingga tidak menumpuk menjadi lemak perut. Lemak pun akhirnya ditempatkan di bawah kulit.

Namun masalah kerap terjadi begitu para pegulat sumo ini memasuki masa pensiun. Begitu mereka berhenti latihan, berhenti pula manfaat-manfaat yang mereka rasakan. Mereka pun harus benar-benar mengontrol pola makan bila ingin terhindar dari penyakit kardiovaskular. Banyak pegulat sumo yang meninggal 10 tahun lebih awal dari rata-rata orang Jepang lainnya.

Jadi, kecuali pekerjaan kita membutuhkan tenaga luar biasa seperti para pesumo, makan secukupnya saja dan tentunya jangan lupa berolahraga.

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top
RajaBackLink.com
x