Health

Terlalu Banyak Minum Air Putih Bisa Berujung Kematian, Ini Sebabnya

Bahaya minum air putih berlebihan

Sayaajarkan – Semua yang berlebihan itu tidak baik. Bahkan minum air putih.

Sejak kecil kita sering dianjurkan untuk banyak minum air putih karena baik bagi kesehatan. Memang benar, rajin minum air putih bisa mengeluarkan racun tubuh, melancarkan pencernaan, hingga meningkatkan metabolisme.

Tapi kalau lebih dari delapan gelas sehari, apalagi tiga galon, bukannya sehat, malah bisa berujung kematian. Salah satu kasus yang sempat menghebohkan adalah apa yang menimpa perempuan bernama Jennifer Strange di Sacramento, Amerika Serikat pada 2007 silam.

Jennifer mengikuti kompetisi bernama “Hold Your Wee for a Wii” yang diadakan stasiun radio lokal KDND 107.9. Seperti namanya, peserta yang mampu meminum air terbanyak dan menahan kencing terlama akan memenangkan hadiah konsol video game Nintendo Wii.

Jennifer hampir memenangkan kompetisi konyol tersebut namun menyerah dan menempati urutan kedua. Sebelumnya Jennifer merasa baik-baik saja bahkan sempat bercanda bahwa dia terlihat seperti sedang hamil. Namun tiba-tiba, dia merasa sangat mual hingga tak mampu beranjak dari kursinya.

Jennifer mulai merasakan keanehan dalam tubuhnya usai meminum air putih berlebihan. Ilustrasi/Credit photo: The Infographic Show
Jennifer mulai merasakan keanehan dalam tubuhnya usai meminum air putih berlebihan. Ilustrasi/Credit photo: The Infographic Show

Keracunan Air Putih

Bersama sang suami dia lalu pulang. Di dalam mobil menuju rumah, Jennifer menangis dan mengeluh bahwa kepalanya merasakan sakit luar biasa seakan ada seekor mammoth menduduki dan menghancurkan tengkorak kepalanya. Tak hanya itu, Jennifer juga bilang bahwa separuh penglihatannya hilang.

Mereka pun buru-buru pulang supaya Jennifer bisa tidur dan beristirahat. Dengan harapan, sakit kepalanya akan mereda dengan sendirinya. Sesampainya di rumah, meski di acara tadi telah menelan bergalon-galon air, Jennifer sama sekali tidak bisa kencing.

Singkat cerita, sang suami lalu membiarkan istrinya beristirahat sembari menyiapkan makan malam. Namun begitu dia menengok keadaan Jennifer, istrinya tengah dalam keadaan tak sadar dan kejang-kejang. Dia pun membawanya ke rumah sakit.

The Infographics Show dalam videonya menjelaskan bahwa berbagai versi beredar di media kala itu. Ada yang menyebut bahwa Jennifer meninggal di rumah, dalam perjalanan, hingga di rumah sakit. Namun satu yang pasti, dia tewas karena keracunan air atau hidrasi berlebihan.

Kasus Jennifer mengajarkan kita untuk tak mengonsumsi air putih melebihi batas kemampuan tubuh kita.Ilustrasi/Credit photo: The Infographic Show
Kasus Jennifer mengajarkan kita untuk tak mengonsumsi air putih melebihi batas kemampuan tubuh kita.Ilustrasi/Credit photo: The Infographic Show

Terlalu Banyak Air Putih bisa Berujung Kematian?

Meminum terlalu banyak air menyebabkan komposisi elektrolit kita berubah, dan mengurangi kadar garam di dalam tubuh. Kondisi ini dinamakan dilutional hyponatremia. Singkatnya, sodium dalam darah berkurang secara drastis akibat air memenuhi darah, ginjal dan otak kita.

Penyebab kematian Jennifer sendiri dinyatakan sebagai kecelakaan meski meminum air dalam jumlah banyak merupakan kesengajaan. Jennifer diketahui memiliki sindrom inappropriate diuretic hormone, yaitu sindrom yang memengaruhi kesembangan air dan mineral dalam tubuh. Air yang menyebabkan Jennifer mual merupakan stimulus kuat bagi sekresi hormon antidiuretik dalam menahan air dalam tubuh.

Keluarga Jennifer kemudian mendapatkan kompensasi alias uang duka sebesar USD 16,5 juta atau sekitar Rp 234 miliar akibat keteledoran para penyiar radio.

Usut punya usut jelang kompetisi perebutan Nintendo Wii yang digelar, seseorang bertanya tidakkah hal tersebut berbahaya. Namun sang penyiar menjawab dengan santainya: “Tidak, cuma air. 98% tubuh terdiri dari air, kenapa tidak bisa meminum sebanyak mungkin air yang kita mau?”

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top
RajaBackLink.com
x