Health

Jerawat Hormonal: Kenali dan Obati

Mengenal jerawat hormonal

Sayaajarkan – Jerawat hormonal atau acne vulgaris pada dasarnya sama dengan jenis jerawat lainnya. Namun, jerawat jenis ini muncul lantaran adanya perubahan hormon di dalam tubuh. Terutama karena adanya peningkatan hormon androgen seperti testosteron.

Sebenarnya, di kulit wajah sudah terdapat bakteri propionibacterium acnes yang menyebabkan jerawat. Bakteri ini akan menyebabkan peradangan pada kulit ketika kulit kita kotor dan produksi minyak berlebihan. Berikut adalah hal yang perlu kamu perhatikan mengenai jerawat hormonal.

Mengenal Jerawat Hormonal

Produksi minyak di wajah yang berlebihan

Hal ini ditandai dengan muka yang mudah berminyak hanya dalam waktu beberapa jam saja setelah cuci muka. Atau ketika bangun tidur kita merasa muka kita sangat berminyak.

Biasa tumbuh jerawat pada area T

Jerawat yang disebabkan oleh hormon di usia remaja biasanya timbul pada area T, yaitu dahi, dagu, dan hidung. Pada orang dewasa, jerawat lebih sering muncul pada bagian bawah wajah, termasuk pipi dan rahang.

Dengan mengenali penyebabnya, kita akan jadi lebih mudah untuk mengobati. Credit photo: phentermine.com
Dengan mengenali penyebabnya, kita akan jadi lebih mudah untuk mengobati. Credit photo: phentermine.com

Tips Hadapi Jerawat Hormonal

Eksfoliasi

Cobalah untuk rutin eksfoliasi wajah. Buatlah jadwal seminggu 2x untuk melakukan ini. Menghindari penumpukan sel kulit mati adalah langkah untuk mencegah tumbuhnya jerawat.

Pilihlah produk eksfoliasi yang dikhususkan untuk kulit berminyak dan berjerawat. Biasanya produk eksfoliasi untuk kulit normal masih kurang lembut di kulit yang sedang berjerawat.

Makanan yang harus dihindari

Kurangi makanan yang mengandung susu, makanan manis, nasi, makanan cepat saji, kopi, daging ayam dan telur. Jika jerawat sangat parah, konsultasikan ke dokter dan perbanyak makan sayuran serta buah-buahan.

Konsumsi probiotik

Probiotik terdapat pada produk olahan makanan yang difermentasi seperti yoghurt, kefir, dll. Bakteri baik yang ada pada produk tersebut dapat membantu tubuh untuk menyerap nutrisi, sehingga memenuhi asupan yang dibutuhkan oleh tubuh. Konsumsi probiotik dapat mencegah kita dari masalah jerawat hormonal.

Nah, semoga artikel ini bisa membantu mengatasi jerawat di tubuh kita ya.

Sumber:

– https://www.halodoc.com/inilah-hormon-jerawat-dan-cara-mengatasinya
– https://www.idntimes.com/life/women/siantita-novaya/ternyata-perawatan-jerawat-hormon-beda-sama-jerawat-biasa-c1c2/full
– https://www.merdeka.com/gaya/ingin-jerawat-cepat-sembuh-hindari-10-makanan-ini-sementara-waktu.html

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top
RajaBackLink.com
x