Health

Isolasi Mandiri yang Benar dan Mudah? Begini Caranya

Isolasi mandiri. Dok/Kompas

Sayaajarkan – Isolasi mandiri? Ya, pandemi Covid-19 memang belum berakhir. Tapi jangan khawatir, karena saat ini pemerintah sudah berusaha memaksimalkan vaksin untuk semua warga Indonesia.

Umumnya, jika kita sudah melakukan tes swab PCR dan hasilnya negatif, sebaiknya kita tetap mengisolasi diri kita minimal 2 s/d 3 hari.

Selain itu, jika hasilnya positif tetapi tidak merasakan gejala sesak, batuk kering, pusing atau bahkan tidak ada gejala sama sekali, sangat disarankan untuk melakukan isolasi mandiri.

Kementerian Keseharan juga telah mengeluarkan pedoman khusus, dan beberapa hal yang harus kita perhatikan saat merawat pasien Covid-19 yang harus melakukan isolasi mandiri di rumah.

Tips melakukan isolasi mandiri

Tempat atau Lingkungan Isolasi

Untuk isolasi mandiri, kamu harus mempunyai kamar tersendiri atau yang terpisah dengan keluarga yang lain. Kamar kamu juga harus memiliki saluran udara atau ventilasi yang baik, dengan minimal jarak kamar 1 atau 2 meter. Bila memungkinkan, usahakan kamar mandi ataupun toilet juga terpisah.

Hindari untuk menggunakan perabotan yang sama dengan pasien Covid-19.

Gunakan Masker

Usahakan ada orang yang menemani untuk membantu melihat dan merawat saat kita sedang isolasi mandiri. Langkah ini membutuhkan orang yang sehat atau yang memiliki kekebalan tubuh yang bagus.

Saat berbicara atau menyiapkan makanan, gunakan masker dan sarung tangan. Selain itu, duduklah dengan jarak 2 meter, dan usahakan selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah kontak dengan pasien. Atau ketika kamu berada di lingkungan yang sama, atau masuk ke ruangannya.

Sediakan Sabun Cuci Tangan dan Penyemprot Ruangan

Sekalipun harus mencuci tangan sesudah dan sebelum, ada baiknya jika kita menyediakan sabun cuci tangan dan penyemprot ruangan yang mampu membersihkan udara dan syukur-syukur mematikan virus-nya.

Suplemen vitamin dan makanan bergizi

Virus Covid-19 ini membuat daya tahan tubuh lemah. Oleh karena itu, baik pasien ataupun perawat, sangatlah dianjurkan untuk mengonsumsi vitamin dan makanan yang sehat, serta mendapatkan sinar matahari yang cukup.

Nah, jika kita negatif covid-19 apakah kita harus isolasi mandiri? Umumnya tidak, tapi untuk memulihkan daya tahan tubuh, ada baiknya kita juga mendapatkan istirahat yang cukup dan mengonsumsi vitamin dan buah-buahan.

Yuk, bantu Indonesia Pulih. Mari berperang bersama melawan Covid 19. Don’t lose hope!**(Feb)

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top
RajaBackLink.com
x