Health

Perbedaan Pembalut, Tampon dan Menstrual Cup

Perbedaan pembalut, tampon, dan menstrual cup

SayaAjarkan – Rata-rata wanita menggunakan sekitar 10.000 produk sanitasi selama masa hidupnya. Dan sejauh ini, ada 3 jenis bentuk produk sanitasi yaitu pembalut, tampon, dan menstrual cup.

Namun, banyak wanita yang belum terlalu kenal dengan dua produk sanitasi selain pembalut.

Oleh karena itu, sini saya ajarkan tentang produk-produk sanitari ini.

Produk Sanitari yang Perlu Kamu Tahu selain Pembalut

Pembalut
pembalut adalah bentuk sanitasi wanita yang paling awal dan populer sampai sekarang. Itu mengapa masih banyak yang menggunakan. Selain karena sudah familiar, produknya juga banyak tersedia di pasaran.

Pembalut mempunyai bentuk persegi panjang, dan memiliki sayap di sisi kanan dan kiri untuk perekat di dalam celana dalam. Penggunaannya rata-rata selama 4 hingga 8 jam sehari.

Kelebihannya, produk sanitasi ini praktis dan bisa dipakai di luar masa mentsruasi. Sementara kekurangannya, setiap orang punya kulit dengan tingkat sensitivitas yang berbeda, jadi ada risiko iritasi dan sebagainya.

Tampon
Tampon telah ada sejak tahun 1930-an, bentuknya seperti tabung kecil yang di ujungnya ada tali.

Ya, pemakaian tampon ini dengan cara memasukannya ke dalam miss V atau alat vital wanita.

Kelebihannya, tampon cocok untuk wanita yang banyak melakukan aktivitas fisik seperti atlet. Praktisnya lagi, tampon ini langsung menyerap di lubang miss V.

Sama seperti pembalut, tampon juga tersedia dengan ketebalan dan daya serap yang berbeda sesuai kebutuhan. Perbedaan keduanya adalah bentuk tampon lebih kecil ketimbang pembalut sehingga lebih mudah untuk kita bawa dan diselipkan di mana saja.

Untuk kelemahannya, tampon kurang bagus bagi wanita yang belum pernah berhubungan seksual karena pemakaiannya ditakutkan dapat merusak selaput dara.

Pilih yang paling nyaman untukmu…

Menstrual Cup
Ada dua jenis menstrual cup yaitu cup yang lembut dan fleksibel, serta yang berbentuk lonceng. Menstrual Cup terbuat dari karet (lateks) atau silikon.

Cara penggunaannya juga sama dengan tampon yaitu dengan memasukannya ke miss V. Kelebihan menstrual cup adalah bisa kita cuci dan kita pakai kembali, sehingga lebih ramah lingkungan dan hemat di kantong.

Sementara kekurangannya, bagi yang belum terbiasa, pasti akan merasakan sesuatu yang mengganjal dan kurang nyaman karena bentuknya yag cukup besar.

Nah dari tiga produk sanitasi ini, kita bisa memilih mana yang paling nyaman dan aman. Sehat selalu dan perbanyak minum air putih, ya!**(Feb)

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top
RajaBackLink.com
x