Health

Pentingnya Vitamin D, Lawan Virus hingga Cegah Kanker

Manfaat hebat vitamin D

SayaAjarkan – Di tengah pandemi seperti sekarang ini, menambah asupan tubuh dengan vitamin merupakan hal yang sangat berguna, termasuk Vitamin D.

Seperti yang kita ketahui, vitamin D merupakan pemain utama dalam menjaga kesehatan tubuh manusia.

Vitamin ini juga mempunyai julukan “vitamin sinar matahari” karena tubuh kita kerap menyerapnya melalui sinar matahari.

Menurut National Institutes of Health’s Office of Dietary Supplements, vitamin D memiliki fungsi untuk meningkatkan penyerapan kalsium. Itu kenapa vitamin ini sangat kita perlukan untuk pertumbuhan tulang dan remodeling tulang.

Yang perlu kita ketahui, kekurangan vitamin ini bisa menyebabkan tulang tipis, rapuh, atau cacat.

Ragam manfaat hebat dari Vitamin D

Tahukah kamu? Selain yang kita bahas di atas, vitamin ini juga memiliki banyak manfaat hebat lainnya, termasuk untuk kesehatan fisik dan mental.

Berikut delapan di antaranya, yang perlu kamu ketahui

Memperkuat tulang

“Vitamin D meningkatkan penyerapan kalsium di usus kita, yang pada akhirnya memungkinkan mineralisasi normal tulang kita,” kata Jackie Newgent, RDN, ahli gizi kuliner dan penulis The Clean & Simple Diabetes Cookbook, kepada Health.com.

Gambaran sederhananya, kalsium yang bermanfaat bagi tulang kita tidak akan dapat melakukan tugasnya tanpa vitamin ini.

Dengan kata lain, kita membutuhkannya untuk pertumbuhan tulang dan untuk mencegah tulang menjadi rapuh.

Membantu memperkuat otot

“Kurangnya vitamin D dalam tubuh dapat meningkatkan risiko memiliki otot yang lemah, yang pada gilirannya meningkatkan risiko mudah jatuh,” kata Lana Nasrallah, MPH, RD, ahli gizi klinis di UNC Health.

Ini sangat penting bagi orang tua. Vitamin ini dapat membantu meningkatkan kekuatan otot sehingga kita tidak mudah jatuh.

Perlu diketahui, jatuh merupakan masalah umum yang menyebabkan kecacatan substansial dan kematian pada orang tua

Jaga Kekebalan tubuh hingga rawat kesehatan mulut

Mendukung sistem kekebalan tubuh dan melawan peradangan

Vitamin D dapat membantu membangun dan mendukung sistem kekebalan atau imun tubuh untuk melawan bakteri dan virus berbahaya.

Peran dalam mencegah infeksi ini telah menjadi perhatian kritis selama pandemi COVID-19, karena para peneliti tertarik dengan wujud potensialnya dalam hasil infeksi.

Menurut penelitian, vitamin D mengurangi risiko infeksi saluran pernapasan akut dengan suplementasi harian atau mingguan, terutama pada individu yang kekurangan vitamin ini.

Membantu menjaga kesehatan mulut

Vitamin D bisa menurunkan risiko kerusakan gigi dan penyakit gusi. Hal ini tertuang dalam The Journal of the Tennessee Dental Association.

Dalam jurnal tersebut, ada hipotesis yang muncul bahwa vitamin ini bermanfaat untuk kesehatan mulut karena efeknya pada metabolisme tulang.

Vitamin ini juga memiliki kemampuan untuk berfungsi sebagai anti inflamasi dan merangsang produksi peptida anti-mikroba.

Membantu mengobati hipertensi

Menurut ulasan tahun 2019 yang diterbitkan dalam jurnal Current Protein & Peptide Science, diketahui bahwa vitamin D berperan dalam pengobatan tekanan darah tinggi.

Bahkan kekurangan vitamin ini dalam jangka pendek dapat secara langsung meningkatkan tekanan darah dan meningkatkan kerusakan organ.

Lawan depresi dan cegah kanKer

Membantu menurunkan berat badan

Buat kalian yang kelebihan berat badan sebaiknya waspada, karena lemak berlebih pada tubuh bisa menghalangi vitamin ini untuk masuk dalam darah dan mencegahnya berfungsi optimal.

Membantu melawan depresi

Matahari bisa mencerahkan suasana hati kamu lho. Begitu juga vitamin ini.

Menurut ulasan tahun 2017 di jurnal Neuropsychology, para peneliti menemukan hubungan yang signifikan antara depresi dan kekurangan vitamin D.

Penulis jurnal tersebut menyatakan jika vitamin ini bisa membantu orang dengan depresi. Ini merupakan treatment yang mudah serta hemat biaya.

Membantu mengurangi risiko kanker

Situs web National Cancer Institute (NCI) memberikan beberapa bukti bahwa vitamin D memiliki kekuatan melawan kanker.

NCI secara khusus menyebutkan beberapa alasan mengapa para peneliti tertarik pada hubungan antara vitamin ini dan penurunan risiko kanker.

Bukti eksperimental dari NCI menunjukkan vitamin ini memiliki beberapa aktivitas yang memperlambat atau mencegah perkembangan sel kanker dan tumor pada tikus di lab penelitian.

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top
RajaBackLink.com
x