Health

Awas! Overdosis Vitamin

Awas! Overdosis vitamin. Dok/NYPost

SayaAjarkan – Dengan terus meningkatnya jumlah kasus virus corona, banyak produk kesehatan yang kini jadi favorit banyak orang Terutama vitamin.

Setiap orang berlomba-lomba untuk menjaga kesehatan dengan beragam vitamin yang bisa mendukung daya tahan tubuh mereka, untuk mengantisipasi penularan COVID-19.

Akibatnya, banyak apotek, baik yang online ataupun offline yang kehabisan stok produk-produk tersebut.

Bahaya di balik Vitamin

Nah, di balik fenomena itu, ada sebuah bahaya yang perlu kita waspadai, yakni konsumsi yang berlebihan.

Memang, peringatan ini tampak kontradiktif. Kita terlanjur banyak menyerap saran yang meminta kita mengonsumsi banyak vitamin agar tubuh tak kekurangan nutrisi.

Namun, perlu kita ingat, mengonsumsi apapun secara berlebihan pada dasarnya bisa merubah efek positifnya menjadi negatif. Dan hal ini juga berlaku untuk suplemen dan vitamin.

Dosis yang aman

Institute of Medicine sendiri telah menetapkan pedoman seperti RDA (Recommended Dietary Allowance) dan DV (Daily Value). Pedoman ini dibuat untuk membantu orang memahami dosis yang aman untuk konsumsi setiap hari.

Overdosis sangat bisa terjadi ketika seseorang menelan jauh lebih banyak dosis daripada rekomendasi harian, dan dalam jangka waktu yang lama.

Memang, beberapa dapat larut dalam cairan yang dikeluarkan tubuh. Contohnya vitamin C.

Namun, tubuh juga dapat mempertahankan yang larut dalam lemak seperti vitamin A, yang jika berlebihan justru menjadi racun.

Nah, supaya makin paham, berikut beberapa vitamin yang terbukti beracun jika kamu mengonsumsinya dengan berlebihan:

Zinc
Gejala yang timbul jika mengonsumsinya berlebihan: Mual, tinja berdarah, diare, pusing, sakit kepala, penumpukan cairan di paru-paru dan demam.

A
Gejala yang timbul jika mengonsumsinya berlebihan: Rambut rontok, kerusakan hati, sakit kepala parah, nyeri tulang, penglihatan kabur, kulit kering dan muntah.

D
Gejala yang timbul jika mengonsumsinya berlebihan: Irama jantung yang tidak normal, sembelit, sering buang air kecil, kelemahan otot dan linglung.

E
Gejala yang timbul jika mengonsumsinya berlebihan: Mengganggu kemampuan tubuh dalam membekukan darah. Ini sangat berbahaya bagi yang sedang menjalani pengobatan pengencer darah.

B-B6
Gejala yang timbul jika mengonsumsinya berlebihan: Menyebabkan kerusakan saraf, sedangkan B3 dapat menyebabkan penyakit kuning, peningkatan kadar enzim hati dan mual.

Berkonsultasi adalah tameng terbaik

Jika kamu membeli vitamin, usahakan ikuti dosis harian yang direkomendasikan.

Sebelum membeli, akan lebih baik juga kalau kamu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter atau ahli gizi.

Ingat, seperti dikutip dari laman Flushing Hospital, asupan vitamin yang sesuai rekomendasi harian, sudah cukup membantu memiliki tubuh sehat dan imun tubuh yang kuat.

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top
RajaBackLink.com
x