Health

Tes Sederhana untuk Mengecek Kesehatan Kita

Pentingnya menjaga kesehatan. Dok/The Stat NH

SayaAjarkan – Di tengah pandemi dan PPKM yang masih terus diperpanjang ini, banyak orang (dan mungkin sebagian dari kita) yang was-was dan takut untuk datang memeriksakan kesehatan ke rumah sakit ataupun puskesmas terdekat.

Nah, untungnya, sekarang teknologi berkembang cukup jauh. Kini telah banyak layanan konsultasi dokter secara online melalui aplikasi-aplikasi kesehatan yang tersedia di smartphone kita.

Kita pun jadi enggak perlu jauh-jauh ke rumah sakit atau puskesmas untuk mengetahui kondisi kesehatan kita.

Tes kesehatan tanpa ke dokter

Lalu, pertanyaannya, bagaimana jika kita kebetulan sedang tidak memiliki cukup uang untuk mengetes kondisi kesehatan kita?

Well, enggak perlu khawatir, kita juga bisa mengecek sendiri dengan cara sederhana.

So, enggak usah bingung-bingung lagi, sini saya ajarkan cara-nya.

Tes denyut jantung
Detak jantung dapat mengungkapkan banyak hal tentang kondisi tubuh kita. Untuk mengukur-nya, kita bisa memeriksa denyut nadi pada pergelangan tangan dan leher (sisi tenggorokan) dengan menggunakan telunjuk jari dan jari tengah selama 60 detik.

Semakin kita bugar dan sehat, maka akan semakin rendah angka denyut jantung-nya.

Gula Darah
Melakukan tes gula darah secara rutin dapat membantu penderita diabetes untuk mengurangi resiko komplikasi, dan tes gula darah bisa dilakukan secara mandiri, dengan menggunakan glukosameter.

Kesehatan Mulut
Dengan menggosok gigi, kita bisa melindungi kesehatan mulut, sekaligus dapat mengetahui kondisi jantung melalui lidah.

Jantung sehat umumnya memiliki lidah dengan warna kemerahan, tapi jantung tidak sehat lidahnya akan berwarna ungu atau kebiruan.

Fleksibilitas
Fleksibilitas tubuh menunjukkan indikasi yang baik dari kesehatan pembuluh darah arteri, untuk menguji fleksibilitas pembuluh arteri.

Kita bisa melakukan tes sederhana, caranya duduk di lantai dengan kedua kaki terentang lurus ke depan, serta jari-jari kaki mengarah ke atas.

Lalu, bungkukkan badan untuk menyentuh salah satu jari kaki.

Jika kita tidak dapat menyentuh jari kaki, itu berarti ada kemungkinan kita berada pada kondisi peningkatan risiko kekakuan arteri.

Pemeriksaan kulit dan Tahi Lalat
Periksa tahi lalat yang terdapat pada tubuh, setidaknya satu bulan sekali.

Meski tahi lalat sangat umum, namun dalam sejumlah kasus, tahi lalat bisa menjadi gejala kondisi yang serius seperti kanker kulit.

Jadi, coba amati, apakah terjadi perubahan bentuk dan warna, pertumbuhan baru, gatal, terasa panas, berdarah atau mengeras.

Olahraga adalah kunci…

Ya, itu tadi beberapa tes sederhana yang bisa kita lakukan. Ingat, agar tetap sehat, selalu luangkan waktu untuk berolahraga.

Jangan lupa untuk menjaga kesehatan tubuh kita dengan asupan nutrisi dan makanan yang bergizi.**(Feb)

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top
RajaBackLink.com
x