Health

Ini Dia, Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan

Lidah buaya. Dok/Realfood.id

SayaAjarkan – Selain sebagai tanaman hias, ternyata lidah buaya juga dapat kita manfaatkan untuk mengobati masalah kesehatan, mulai dari luka bakar hingga sariawan.

Manfaatnya untuk kesehatan sudah terbukti sejak dulu, karena itu tanaman ini banyak dijadikan bahan alami dalam industri kosmetik dan farmasi.

Nah, penasaran apa saja manfaatnya? Sini saya ajarkan.

Manfaat Lidah Buaya yang Kita Perlu Tahu

Mengobati Luka Bakar
Lidah buaya banyak digunakan untuk mengobati luka bakar secara topikal, dengan cara mengoleskannya ke kulit.

Sejak tahun 1959 badan FDA Amerika Serikat menyetujui penjualannya dalam bentuk salep secara bebas, untuk meredakan luka bakar.

Berdasarkan penelitian, tanaman ini terbukti efektif mengobati luka bakar derajat satu dan dua. Penggunaan sari tanaman ini dapat mempercepat waktu penyembuhan luka bakar hingga sembilan hari, ketimbang dengan pengobatan konvensional.

Mengurangi Plak atau Karang Gigi
Plak gigi merupakan salah satu masalah yang dapat mengganggu penampilan, serta menyebabkan gigi berlubang apabila dibiarkan menumpuk.

Maka penumpukan plak gigi perlu dicegah, salah satunya dengan rutin menggunakan obat kumur. Berkumur dengan lidah buaya dapat membunuh bakteri Streptococcus mutans yang menyebabkan plak gigi serta jamur Candida albicans.

Mengobati Sariawan
Sariawan sering kali muncul di bawah bibir serta bagian dalam mulut, dan biasanya berlangsung selama 7-10 hari. Lidah buaya dapat menurunkan rasa nyeri yang cukup menyiksa akibat sariawan.

Menunda Penuaan Kulit
Salah satu manfaatnya untuk kulit adalah dapat memperlambat penuaan. Penggunaan pada wanita di atas usia 40-an dapat mengurangi tanda-tanda penuaan karena mampu meningkatkan produksi kolagen pada kulit.

Mengatasi Jerawat
Salah satu manfaat yang lain adalah mampu mengatasi jerawat. Tanaman ini memiliki sifat antibakterial sehingga dapat mencegah bakteri menginfeksi pori-pori kulit.

Lidah buaya juga membantu membuang kotoran dan kelebihan minyak dari kulit. Bagi yang memiliki jerawat, baik jerawat hormonal maupun bukan, pemakaian secara teratur membantu regenerasi kulit sehingga mencegah munculnya bekas luka.

Nah itu tadi beberapa manfaatnya yang baik untuk kesehatan, di samping dapat menjadi tanaman hias.

Yuk lah kita tanam, biar gratis ngambil-nya dan siapa tahu bisa jadi produsennya.**(Feb)

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top
RajaBackLink.com
x