Health

Awas! Kebiasaan Ini Bisa Merusak Otak

Alkohol bisa merusak otak. Dok/NBC News

SayaAjarkan – Seberapa sering kamu suka melewatkan sarapan? Tahukah kamu, ketika melakukan ini, berarti kamu sedang mengabaikan waktu dimana otak kita sedang membutuhkan asupan nutri.

Ini tak main-main lho. Otak merupakan organ yang sangat kompleks dan berfungsi dalam mengatur segala proses dalam tubuh. Jadi mulailah hindari kebiasaan-kebiasaan ini.

Otak berperan penting dalam mengatur detak jantung, keseimbangan cairan, hormon dan tekanan darah. Organ ini juga bertanggung jawab dalam terjadinya gerakan, merespon, belajar, mengingat serta mengatur emosi.

Nah, karena otak bagian yang penting dalam tubuh kita, maka jangan merusaknya dengan hal-hal sepele, seperti kebiasaan-kebiasaan berikut ini:

Hal sepele yang bisa mengancam otak

Tidak Sarapan
sarapan merupakan hal simple yang penting untuk melakukan kegiatan sehari-hari. Melewatkannya dapat menyebabkan kita kurang energi, kurang konsentrasi dan memori sehingga jadi gampang lupa.

Konsumsi Banyak Gula
Minuman manis itu memang ada baiknya untuk menambah tenaga kita, tapi sesuatu yang manis tidak terlalu bagus untuk tubuh kita jika keseringan mengonsumsinya.

Makanan atau minuman yang manis dapat nenghambat penyerapan protein dan zat gizi dalam tubuh, sehingga perkembangan otak dapat terhambat.

Kebanyakan Makan
Pepatah bilang makanlah secukupnya. Terlalu banyak makan dapat membuat tubuh kita kekenyangan, mengantuk, dan membuat kita malas berpikir atau merespon sesuatu. Akibatnya, kita jadi memilih tidur dan bermalas-malasan ketimbang melakukan sesuatu yang produktif.

Kurang Tidur
Orang setidaknya membutuhkan tidur kurang lebih 8 jam per hari untuk beristirahat. Tidur yang kurang ternyata dapat mempercepat kematian sel-sel otak dalam jangka waktu pendek, dan akan membuat kita cepat merasa lelah dan memiliki suasana hati yang
buruk setiap harinya.

Oleh karena itu, untuk menghindari gangguan tersebut, penting untuk selalu mendapatkan tidur malam yang baik.

Rokok dan Alkohol

Merokok
Merokok bukan hanya membahayakan paru-paru, tapi juga dapat merusak otak.

Kebiasaan merokok ternyata dapat mengurangi asupan oksigen ke otak dan dapat menyebabkan terjadinya penyakit Alzheimer yang mengganggu reproduksi DNA.

Selain itu, amina heterosiklik yang dilepaskan selama pembakaran rokok, mengarah ke mutasi yang menyebabkan sel-sel kanker.

Minuman Alkohol
Alkohol dapat merusak organ tubuh, terutama sistem saraf, hati, dan jantung. Hal tersebut juga akan berdampak pada reaksi kimia yang terjadi di otak.

Yang perlu diperhatikan, Alkohol juga dapat mempengaruhi otak dalam banyak hal, seperti gangguan memori atau memperlambat waktu reaksi.

Ya, itu tadi beberapa hal simple yang bisa merusak.

Yuk, kita mulai hidup sehat dengan mangatur pola makan dan disiplin berolahraga. Mari kita jaga kesehatan kita dan terus mencintai tubuh kita.**(Feb)

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top
RajaBackLink.com
x