Health

Habis Makan Langsung Rebahan? Ini Bahayanya

Jangan rebahan setelah makan. Dok/Lifehealth

SayaAjarkan – Siapa yang habis makan mengantuk, atau ingin rebahan? Setop lakukan hal itu.

Jika kita tidur setelah makan dalam porsi banyak ataupun sedikit, tekanan di dalam lambung akan meningkat sehingga makanan yang diolah dan cairan lambung dapat naik kembali ke kerongkongan atau tenggorakan. Ini akan membuat kita mual dan mau muntah.

Kalau ingin rebahan, waktu yang baik untuk tidur adalah 2 s/d 3 jam setelah makan. Hal ini karena makanan perlu dicerna di lambung dan berpindah ke usus halus.

Jika tidak ada jeda, akan membuat kita sakit. Nah, supaya semakin paham, berikut bahaya rebahan setelah makan yang perlu kamu tahu.

Alasan kenapa tidak boleh langsung rebahan setelah makan

Penyakit Asam Lambung (GERD)
Posisi berbaring dapat membuat makanan yang dicerna di perut naik. Tak hanya makanan, tapi juga asam lambung yang akan naik.

Mengutip dari Livestrong, biasanya kondisi ini disebut GERD (gastroesophageal reflux disease) atau refluks asam. GERD bakal menimbulkan heartburn atau sensasi seperti terbakar di tengah dada dan di tulang belakang. Saat pencernaan bermasalah, tentu ini bakal mengganggu tidur.

Mimpi Buruk
Mimpi buruk biasanya timbul karena buru-buru tidur atau rebahan setelah makan. Ini terjadi karena melewatkan metabolisme atau proses BAB.

Akibatnya otak jadi lebih aktif dan mempengaruhi perasaan, hingga emosi jadi gelisah.

Berat Badan Naik
“Makan kenyang tepat sebelum tidur bisa berbahaya, karena bisa mengakibatkan heartburn, kenaikan berat badan dan bisa mengganggu tidur,” ujar ahli gizi Amy Saphiro, dari laman Who What Wear.

Jika kita makan berat atau banyak sebelum tidur, kita akan berisiko menaikkan berat badan dan memengaruhi kesehatan jantung.

Stroke
Menurut sebuah studi yang diinisiasi oleh University of Ioannina Medical School, Yunani tidur setelah makan bisa meningkatkan risiko stroke.

Dikutip dari laman Sleep, orang-orang yang memberikan jeda lama untuk tidur setelah makan cenderung tidak terkena stroke.

Nah bagaimana, seram-seram kan risikonya. Jadi biasakan hidup sehat dengan mengontrol jam kita beraktivitas.

Pintar-pintar bagi waktu ya karena sehat itu mahal dan sakit jauh lebih mahal. Love your body and mostly love yourself.**(Feb)

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top
RajaBackLink.com
x