Health

Cara Atasi Hidung tersumbat secara Alami

Hidung Tersumbat

SayaAjarkan – Apakah kamu sedang mengalami hidung tersumbat? Meski hal ini terlihat sepele, tapi akan sangat menganggu karena membuat orang yang mengalaminya jadi kesulitan bernapas dan berisiko terkena sakit kepala.

Penyebab hidung tersumbat bisa berbagai macam. Misalnya, iritasi karena menghirup polusi udara baik dari asap kendaraan atau paparan asap rokok.

Atau, bisa juga karena adanya peradangan di saluran pernapasan sehingga bagian dalam hidupmng mengalami pembengkakan. Kondisi ini biasanya terjadi akibat flu, alergi, maupun infeksi sinus.

Untuk meredakan hidung tersumbat, seringkali orang akan mengonsumsi obat flu. Padahal, masih banyak cara-cara yang lebih alami untuk menyembuhkan hidung mampet dan membuat pernapasan menjadi lega.

Berikut sejumlah cara alami untuk mengatasi masalah hidung tersumbat.

Tips mudah atasi Hidung Tersumbat

Perbanyak Air Putih
Cara alami pertama adalah dengan memperbanyak minum air putih. Cairan akan membantu mengatasi peradangan serta mengencerkan dahak sehingga pernapasan akan terasa lebih lega.

Kamu bisa minum air dengan suhu biasa, atau air hangat yang efeknya langsung terasa melegakan juga. Sedikit bocoran, meski tidak sedang flu, air hangat juga bagus lho jika diminum rutin setiap hari.

Hirup Uap Air Panas
Cara berikutnya adalah dengan menghirup uap panas dari air rebusan. Kamu dapat menggunakan air biasa atau air yang sudah dicampurkan herbal, misalnya daun mint, atau diteteskan dekongestan alami, seperti minyak kayu putih.

Jahe jadi cara terbaik

Minum Air Jahe Hangat
Rempah-rempah yang ampuh untuk mengatasi masalah hidung tersumbat adalah jahe. Jahe memiliki sifat anti-bakteri yang menghangatkan, sehingga mengonsumsi jahe dapat melegakan hidung mampet dengan efektif.

Ambil satu sendok makan jahe segar parut. Letakkan dalam mangkuk air panas mendidih. Biarkan selama lima menit. Saring air menjadi secangkir air jahe hangat. Tinggal diseruput deh sedikit demi sedikit.

Biar lebih nikmat, tambahkan satu sendok makan perasan lemon segar dan satu sendok makan madu.

Nah tadi itu beberapa cara sederhana untuk membantu menghilangkan hidung mampet. Silahkan coba ya teman-teman.**(Febs)

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top
RajaBackLink.com
x