Health

Cara Alami atasi Tenggorokan Gatal

SayaAjarkan – Salah makan dapat meyebabkan kita mengalami tenggorokan gatal. Hal ini sering terjadi dari waktu ke waktu, yang menyebabkan kita jadi batuk kering.

Tak hanya karena makanan, ada juga yang mengalami tenggorokan gatal setelah menghabiskan waktu di sekitar asap, berbicara lama, atau akibat mengalami dehidrasi.

Untungnya, masalah tenggorokan ini dapat sembuh dengan sendirinya dalam waktu sekitar seminggu.

Lalu, bagaimana cara mengatasi tenggorokan gatal dan mengurangi gejalanya? Simak terus sejumlah tips di bawah ini.

Tips mudah redakan tenggorokan gatal

Mengonsumsi Obat Batuk atau Permen Pelega Tenggorokan
Melansir WebMD, banyak orang menggunakan obat batuk untuk membantu meredakan tenggorokan gatal ataupun sakit tenggorokan.
Namun, obat batuk dapat menyebakan kantuk. Jadi jika dalam kondisi beraktivitas di luar atau berkendara, lebih baik mengonsumi permen pelega tenggorokan atau permen manis karena fungsinya kurang lebih sama.

Minum Teh atau Sup Panas
Tetap terhidrasi penting untuk membantu tubuh fit. Mendapatkan cukup cairan dapat membantu menjaga selaput lendir tetap bersih, mengurangi gejala hidung tersumbat, serta mencegah penumpukan yang tidak nyaman di tenggorokan.

Suhu hangat juga bisa membantu menenangkan bagian belakang tenggorokan bagi sebagian orang. Menyeruput minuman hangat yang nyaman adalah cara mudah untuk tetap terhidrasi dan berpotensi mengurangi iritasi di tenggorokan pada saat yang bersamaan.

Madu dan air garam

Minum Madu
Mengonsumsi madu, ternyata ada cara-nya ya teman-teman. Nah, yang baik itu adalah mencampurnya dengan minuman atau dengan air putih.

Meminum langsung madu justru kurang baik, karena terlalu manis dan lengket, yang dapat membuat tenggorokan kering.

Berkumur dengan Air Garam
Melansir Health Line, obat kumur air asin paling efektif untuk tenggorokan gatal atau sakit tenggorokan yang disebabkan oleh bakteri atau virus.

Panas dari air garam dapat meredakan iritasi tenggorokan. Sementara garamnya, dapat membantu mengurangi penumpukan lendir.

Nah yang paling penting, tidak selamanya masalah tenggorokan dapat sembuh dengan sendirinya.

Jika melihat bercak putih atau tenggorokan tampak merah dan bengkak, silahkan langsung cek dan konsultasi ke dokter.

Yuk, jaga pola makanan dan minuman, tetap sehat dan patuhi protokol kesehatan ya.**(Feb)

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top
RajaBackLink.com
x