Health

Mengenal Aphasia, Penyakit yang Membuat Bruce Willis Tinggalkan Dunia Film

Bruce Willis

SayaAjarkan – Aktor ternama asal Amerika Serikat Bruce Willis, memutuskan untuk pensiun dari dunia akting. Ini terjadi setelah keluarganya mengumumkan bahwa Bruce Willis terdiagnosis dengan Aphasia, penyakit yang mempengaruhi kemampuan orang untuk berkomunikasi.

“Bruce telah mengalami beberapa masalah kesehatan dan baru-baru ini didiagnosis menderita aphasia yang memengaruhi kemampuan kognitifnya,” kata putrinya, Rumer Willis, pada hari Rabu (30/3) dalam sebuah posting di Instagram.

Setelah melalui banyak pertimbangan, Bruce terpaksa menuliskan pernyataan mundur dari karier film yang sangat berarti baginya.

Pernyataan pengunduran diri tersebut ditandatangani oleh istri Willis saat ini, Emma Heming Willis, mantan istrinya aktris Demi Moore, serta anak-anaknya yakni Rumer, Scout, Tallulah, Mabel dan Evelyn.

Gejala Aphasia

Menurut Mayo Clinic, aphasia sering terjadi setelah seseorang mengalami stroke atau cedera kepala.

Hal tersebut dapat memengaruhi kemampuan untuk berbicara, menulis, dan memahami bahasa, baik lisan maupun tulisan.

Penderita aphasia banyak mengalami sejumlah gejala, di antaranya berbicara dalam kalimat pendek atau tidak lengkap, berbicara dalam kalimat yang tidak masuk akal, dan kerap mengganti satu kata dengan kata lain atau satu suara dengan suara lain.

Kata-kata yang terucap dari penderita aphasia juga tak dapat kita kenali. Selain itu, pengidap aphasia juga tak mengerti pembicaraan orang lain dan kerap menulis kalimat yang tak masuk akal.

Aphasia dapat mempengaruhi orang dengan cara yang berbeda tergantung di bagian mana otaknya rusak, kata American Speech-Language-Hearing Association (ASHA).

“Keterampilan bahasa berada di bagian kiri otak pada kebanyakan orang. Kerusakan di sisi kiri otak dapat menyebabkan masalah bahasa. Kerusakan di sisi kanan otak Anda dapat menyebabkan masalah lain, seperti perhatian atau memori yang buruk.” Jelas ASHA, mengutip dari laman Al Jazeera.

Dukungan luar biasa untuk Bruce Willis

Pengumuman dari keluarga Bruce Willis menarik banyak pesan dukungan dari penggemar serta aktor dan selebriti lainnya.

“Ini benar-benar memilukan untuk dibaca,” tulis aktor dan sutradara Kevin Smith di Twitter. “Dia suka berakting dan bernyanyi dan kehilangan itu pasti menghancurkannya.”

“Saya sangat mencintai Bruce Willis, dan berterima kasih atas setiap karakter yang dia berikan kepada kami. Pelukan dan cinta untuk seluruh keluarga, terima kasih telah berbagi dia dengan kita semua,” cuit aktor Seth Green.

Tak ketinggalan aktris Jamie Lee Curtis menulis, “grace and guts! Love to you all,” sementara model Cindy Crawford memposting emoji tangan berdoa.

Aktris dan mantan lawan mainnya Elizabeth Perkins menulis, “Sending so much love to you all.”

Lekas sembuh Bruce Willis, terima kasih untuk rentetan karya yang berharga bagi para pecinta film di seluruh dunia.

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top
RajaBackLink.com
x