Health

Tips Atasi Dehidrasi Saat Cuaca Panas

Dehidrasi. Dok/Advance ER

SayaAjarkan – Ketika terpaksa menghabiskan banyak waktu di luar ketika cuaca panas, banyak dari kita yang mudah merasa haus dan terancam mengalami dehidrasi dalam waktu singkat.

Jangan panik dulu! Haus adalah respons normal tubuh. Yang perlu kita lakukan adalah segera mengambil tindakan karena apa yang kamu rasakan, menandakan tubuh sedang membutuhkan lebih banyak air untuk mengatasi panas.

Nah, supaya semakin lihai menjaga diri dari cuaca panas, dan cara menjaga tubuh dari dehidrasi, simak penjelasan berikut ini.

Mengapa Air Itu Penting

Tubuh berfungsi paling baik dalam kisaran suhu tertentu. Jadi, ketika tubuh terlalu hangat, maka tubuh secara otomatis akan melakukan pendinginan.

Ketika dalam keadaan hangat, pembuluh darah akan melebar dan meningkatkan aliran darah ke kulit. Hal ini memungkinkan tubuh mengeluarkan kelebihan panas yang dirasakannya.

Setelah itu terjadi, kita akan mulai berkeringat. Penguapan keringat akan mendinginkan kulit, yang pada gilirannya membantu mendinginkan tubuh.

Yang kamu harus ingat, keringat berlebih dapat menyebabkan dehidrasi. Jadi waspada ya dengan gejala-gejala yang terjadi pada tubuh kamu.

Tanda Tubuh Dehidrasi dan Membutuhkan Lebih Banyak Air

Sebelum mengalami dehidrasi, kita akan merasa haus, dan mulut mungkin terasa kering atau lengket.

Setelah beberapa saat, kita juga kemungkinan akan mengalami lesu dan pusing. Tanda-tanda lain termasuk output urine yang berkurang dan berwarna kuning tua, serta mata yang cekung dan kering.

Waspada ya teman-teman, jangan abaikan tanda-tanda awal dehidrasi tersebut, ini bisa mengurangi kemampuan kita untuk berpikir jernih, yang diikuti oleh koordinasi fisik yang menurun.

Cara Menghadapi Cuaca Panas dan Ancaman Dehidrasi

Mulailah menghidrasi tubuh segera. Lebih mudah untuk menjaga keseimbangan cairan jika kita berada dalam keadaan yang terhidrasi dengan baik.

Jadi, minumlah air mineral sebelum berolahraga, bekerja, atau menghabiskan waktu di luar saat panas. Kemudian lanjutkan melakukannya selama dan setelah beraktivitas.

Usahakanlah untuk minum secara teratur. Siapkan botol air agar kita dapat sering minum air saat bekerja atau berolahraga.

Ketika minum, pilihlah minuman pengganti elektrolit untuk penyerapan air yang maksimal saat berolahraga lebih dari satu jam, atau saat kamu berkeringat berlebihan akibat cuaca panas.

Makan camilan buah-buahan segar yang kaya akan air, seperti berry, semangka, peach, dan nektar juga akan membantu.

Jangan minum air putih dalam jumlah berlebihan.

Meski baik, minum air putih dalam jumlah besar sekaligus dapat menyebabkan hiponatremia atau keracunan air.

Salah satu cara untuk mengukur tingkat hidrasi adalah dengan melihat warna urine kamu.

Jika terhidrasi dengan baik, maka warnanya cenderung bening. Selain itu, kamu juga akan lebih sering buang air kecil.

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top
RajaBackLink.com
x