Health

Tips Bugar bagi Kamu yang Malas Olahraga

SayaAjarkan – Bagaimana agar tubuh tetap bugar? Tentu jawaban paling utamanya adalah olahraga. Tetapi, ketika kamu gagal melawan rasa malas, olahraga bisa jadi hanya menjadi mimpi yang tak pernah tercapai.

Well, kamu enggak sendiri kok. Masih terlalu banyak orang yang malas berolahraga, dan mereka selalu punya alasan untuk menghindari aktivitas sehat tersebut.

Alasannya pun beragam. Mulai dari udara yang terlalu dingin, matahari yang sudah terlalu panas, takut masuk angin, atau tidak mampu membayar keanggotaan klub nge-gym.

Nah, jika kamu termasuk dalam orang-orang ini, tips berikut mungkin bisa membuatmu tetap sehat dan bugar.

Para pemalas bisa tetap sehat dan bugar lho, Ini rahasianya

Pakai rumus 10
Cobalah untuk melakukan beberapa gerak badan ringan dengan 10 kali push-up dan 10 kali sit-up setiap hari.

Menggerakan badan untuk berolahraga walau ringan, tetap lebih baik daripada tidak sama sekali.

Setelah beberapa saat mencoba, mungkin kamu bisa merasa hitungan 10 terlalu mudah, jadi kamu bisa meningkatkannya dengan kemampuanmu sendiri, kapanpun!

Berdiri setidaknya satu jam sekali
Kamu pasti tahu berita tentang bagaimana efek buruk duduk sepanjang hari.

Tetapi, banyak lho yang melakukan ini. Seharian duduk membungkuk di depan layar laptop, dan bahkan tidak keluar untuk makan siang karena terlalu sibuk.

Kalau kamu begitu, berusahalah secara sadar untuk bangun dari duduk setidaknya sekali dalam satu jam.

Lakukan aktivitas berjalan seperti pergi ke toilet, membuat kopi, atau pergi dan menyapa rekan kerja atau seseorang yang lokasinya agak jauh darimu.

Berjalan minimal 20 menit sehari
Apakah sedang dalam pertengahan musim hujan atau bukan, tidak ada alasan untuk terus menerus tanpa jeda menggunakan transportasi umum atau pribadi ke mana pun kamu pergi.

Gunakan kaki yang diberikan oleh Tuhan untuk kamu berjalan.

Bahkan, dengan hanya berjalan 20 menit sehari saja, itu akan memberi peningkatan bagi kesehatan tubuh kamu.

Jangan menarik napas dulu, sebenarnya sangat mudah lho untuk memasukkan aktivitas berjalan ke dalam jadwal harian kamu.

Berjalan kaki hanya 20 menit per hari bisa meningkatkan kesehatan dan rasa bahagia.

Sehat dari rumah, hanya berbekal aplikasi

Olahraga dalam rumah
Untuk bisa tetap bugar, sebetulnya kamu tidak perlu meninggalkan rumah, atau bahkan meninggalkan sofa.

Ada banyak olahraga yang dapat diakses dan bisa kamu lakukan dari ruang tamu kamu tanpa harus bayar mahal ke gym.

Lakukan beberapa gerakan tricep dips dan lunge, latihlah otot perut dengan berolahraga dari kenyamanan rumah dan sofa kamu sendiri.

Gunakan aplikasi pengatur waktu
Jika kamu hanya punya waktu lima menit untuk berolahraga setiap harinya, coba unduh aplikasi pengatur waktu Tabata Timer untuk olahraga express.

Aplikasi akan memandu kamu selama 20 detik dan 10 detik, dengan membuat latihan intensitas tinggi yang hebat dan memiliki manfaat kebugaran serta penurunan berat badan.

Contohnya berlari selama 20 detik dan kemudian berjalan selama 10 detik, atau istirahat selama 20 detik dan berbaring selama 10 detik.

Olahraga dari aplikasi Tabata meningkatkan metabolisme dan detak jantungmu, serta bisa terlihat manfaatnya dalam waktu singkat.

Tidur cukup
Kebugaran tidak semua tentang olahraga. Kehidupan sehari-hari nyatanya memiliki dampak nyata pada kesehatan dan kesejahteraan kamu.

Tidur yang cukup sangat penting untuk kebugaran tubuhmu. Dan terkadang, smartphone yang kamu miliki yang bisa menggagalkan kamu untuk mendapatkannya.

Jadi, matikan semua gadget teknologi yang kamu miliki setidaknya satu jam sebelum tidur, agar mendapatkan istirahat yang lebih baik.

Tidak perlu ngoyo, tapi tetap sehat

Jangan pikirkan berapa lama berolahraga
Kualitas olahraga kamu tidak tergantung pada berapa lama kamu menjalaninya.

Olahraga apa pun sangat bagus dan hal terpenting saat pertama kali memulai, adalah kamu mau untuk mulai bergerak.

Tidak masalah jika kamu tidak berolahraga satu jam penuh. Faktanya adalah kamu sedang melakukan sesuatu. Itulah yang terpenting.

Olahraga hanya selama satu lagu
Daripada menjadi terlalu ambisius dan kemudian merasa tidak enak ketika semuanya tidak sesuai, lakukan selama satu lagu saja.

Pilih satu lagu paling bagus yang kamu suka dan berolahragalah selama satu lagi itu.

Lama kelamaan setelah terbiasa, kamu bisa meningkatkannya hingga beberapa lagu untuk menjadi timer pribadimu dalam berolahraga.

Olahraga selama iklan
Orang malas biasanya suka menonton TV. Jadi, mengapa tidak menggabungkan ini dengan olahraga. Aturlah waktu mini-work out kamu selama iklan berlangsung.

Jika kamu melakukan gerakan lunge, burpe, jogging, skipping, dan squat selama lima menit selama iklan, sesudahnya kamu bisa memanjakan diri dengan bersantai di sofa dan kembali menonton acara favorit kamu.

Olahraga di ranjang, why not?
Mari akui dengan jujur, salah satu bentuk olahraga yang bisa menyenangkan adalah melakukan seks dengan pasangan tercinta.

Penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan dari University of Quebec di Kanada menemukan bahwa aktivitas seksual sama efektifnya dalam membakar energi seperti halnya olahraga dengan intensitas sedang.

Sebagai catatan, wanita dapat membakar 90 kalori selama sesi seks, hampir setara dengan jogging sejauh 1,6 kilometer yang mampu membakar 100 kalori.

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top