Health

CDC setujui Vaksin COVID-19 untuk Balita, Ini yang harus Diketahui Orang Tua

Vaksin covid-19. Dok/Getty Images

SayaAjarkan – Pada 18 Juni 2022, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) menyetujui vaksin COVID-19 untuk anak kecil yang berusia minimal 6 bulan.

Grace Lee, MD, associate chief medical officer untuk inovasi praktik dan dokter penyakit menular pediatrik, menjawab pertanyaan yang sering diajukan tentang vaksin untuk anak kecil.

Mengapa bayi harus menerima vaksin COVID-19?

Stanford Children’s Health mendorong semua keluarga yang memiliki anak yang memenuhi syarat, untuk divaksinasi dengan vaksin COVID-19.

Bukti ilmiah telah menunjukkan bahwa anak-anak yang menerima vaksin COVID-19 selama pengujian mengembangkan antibodi penangkal virus tingkat tinggi yang harapannya dapat melindungi mereka dari virus corona.

Ini efektif dalam mencegah penyakit parah dan rawat inap, termasuk pada anak-anak dengan dan tanpa kondisi medis yang mendasarinya.

Selain itu, vaksin COVID-19 juga dapat mencegah sindrom inflamasi multisistem pada anak-anak (MIS-C) dan berpotensi mencegah gejala sisa pasca-akut COVID-19 (PASC) seperti long COVID yang dapat sangat melemahkan anak-anak.

Pihak ahli menilai, vaksin dapat melindungi anak-anak, yang pada gilirannya dapat mengurangi risiko penularan kepada orang lain.

Apa yang membuat vaksin ini berbeda dari vaksin lain?

Satu-satunya vaksin COVID-19 yang saat ini tersedia untuk anak-anak di atas 5 tahun di AS adalah vaksin mRNA Pfizer BioNTech.

Untuk anak di bawah 5 tahun, sekarang ada dua vaksin yang tersedia.

Vaksin Pfizer COVID-19 tiga dosis dapat diberikan kepada anak-anak berusia 6 bulan hingga 4 tahun dengan dosis 3 mikrogram.

Vaksin Moderna COVID-19 dua dosis direkomendasikan untuk anak usia 6 bulan hingga 5 tahun dengan dosis 25 mikrogram.

Dosis ini dipilih dengan hati-hati untuk memastikan vaksin dapat ditoleransi dengan baik untuk anak kecil.

Berapa dosis vaksin yang dibutuhkan, dan pada jadwal apa?

Jika anak menerima vaksin Pfizer, itu adalah seri vaksin 3 dosis: Dosis 1, kemudian 3-8 minggu kemudian Dosis 2, lalu 8 minggu kemudian Dosis 3.

Untuk vaksin Moderna, ini adalah seri vaksin 2 dosis: Dosis 1, kemudian 4-8 minggu kemudian Dosis 2.

Anak-anak yang mengalami gangguan kekebalan sedang atau berat mungkin memerlukan dosis tambahan, mirip dengan remaja dan orang dewasa.

Berapa lama waktu yang diperlukan agar bidikan dapat menghasilkan efek penuh?

Seorang anak dapat dianggap diimunisasi lengkap dua minggu setelah dosis ketiga vaksin mRNA Pfizer atau dua minggu setelah dosis kedua vaksin Moderna.

Anak-anak yang mengalami gangguan kekebalan sedang atau berat dianggap divaksinasi lengkap dua minggu setelah dosis terakhir dalam seri primer.

Efek samping apa yang mungkin terjadi dari vaksin COVID-19 untuk anak-anak?

Efek samping paling umum adalah lengan yang sakit, sakit kepala, demam, dan kelelahan. Anak-anak usia 6-23 bulan mungkin rewel atau lebih mengantuk.

Gejala biasanya terjadi satu sampai dua hari setelah vaksinasi dan sebagian besar ringan dan sembuh setelah beberapa hari.

Orang tua harus menghubungi penyedia perawatan jika mereka memiliki kekhawatiran khusus tentang efek samping dari suntikan.

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top
RajaBackLink.com
x