Food

Tips Mengolah Keju Dalam Proses Memasak

mengolah keju

Sayaajarkan – Mengolah keju dengan baik dalam memasak akan membuat masakan kita menjadi lebih nikmat. Gurihnya, lelehan kejunya, serta aromanya dapat menggugah selera makan.

Keju bisa dibilang termasuk salah satu bahan masakan yang versatile, yaitu bahan makanan yang cukup mudah untuk dikreasikan dalam berbagai jenis masakan tergantung selera kita. Akan tetapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat mengolah masakan dengan bahan keju. Selain agar rasa keju yang enak tetap terjaga, juga agar kita bisa merasakan manfaat dari keju tersebut dan menikmati masakan dalam kondisi terbaiknya.

Hindari Terkena Panas Langsung

Saat memasak dengan keju usahakan agar keju terhindar dari panas langsung. Keju bisa ditambahkan di atas masakan saat dimasak, atau menaburkan parutannya di luar setelah matang.

Mengolah Keju

Memarut Keju Dalam Keadaan Dingin.

Keju yang bahannya lebih padat, seperti keju cheddar atau keju edam, lebih baik diparut saat dalam keadaan dingin, sehingga lebih mudah diparut dan tekstur parutan lebih bagus. Untuk mengolah keju yang bahannya lebih lembut, seperti keju mozzarela, sebaiknya tidak diparut tetapi cukup dihancurkan saja dengan tangan.

Mengolah Keju

Simpan Keju Dengan Baik

Sebaiknya keju disimpan dalam wadah kering dan tertutup lalu diletakkan di kulkas. Potong keju sesuai kebutuhan atau yang diinginkan dan segera simpan potongan sisanya. Hindari keju terkena air saat akan disimpan.

Mengolah Keju

Membuat Saus Keju/Ditambahkan Dengan Saus

Gunakan keju yang cepat meleleh untuk membuat saus keju. Sebelum dimasak, sebaiknya parut keju tersebut terlebih dahulu lalu masak sambil diaduk dengan api kecil. Hal yang sama juga berlaku jika kita ingin memasak saus yang dicampur keju. Memasak dengan api besar akan membuat keju pecah dan tidak menyatu sempurna dengan saus.

Mengolah Keju

Habiskan dan Jangan Disimpan

Masakan yang cukup banyak menggunakan bahan keju, terutama yang bersaus atau berkuah, tidak direkomendasikan untuk disimpan dan dihangatkan berulang. Sebaiknya, habiskan sesaat setelah disajikan.

Mengolah Keju

Itulah beberapa tips yang bisa Anda perhatikan saat menggunakan keju untuk memasak. Sekarang kita tidak perlu ragu lagi untuk mengolah berbagai jenis masakan dengan keju.

Selamat mencoba!

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top
RajaBackLink.com
x