Food

Menata dan Merawat Kulkas Agar Tidak Bau dan Awet

Sayaajarkan – Lemari es dan kulkas adalah barang yang keberadaannya sangat penting dan bahkan saat ini sudah menjadi keharusan di setiap rumah tangga. Kegunaannya adalah untuk menyimpan bahan makanan agar bisa tahan lama dan kualitasnya terjaga. Oleh sebab itu merawat kulkas perlu dilakukan.

Bagian-bagian kulkas sudah dirancang sedemikian rupa untuk karakteristik makanan yang berbeda-beda. Cara dan lokasi menyimpan setiap makanan berkaitan dengan keawetan bahan makanannya dan resiko kontaminasi. Inilah yang harus kita perhatikan.

Yuk, intip kiat-kiatnya di bawah ini.

1. Atur Temperatur Kulkas

Untuk kulkas bagian bawah adalah sekitar 3 derajat Celcius dan untuk kulkas bagian atas adalah minus 20 derajat Celcius. Juga jangan pernah memasukkan makanan yang masih panas ke dalam kulkas, karena akan menaikkan suhu di dalam kulkas dan meracuni makanan yang lain.

merawat kulkas

2. Kebersihan dan Sirkulasi Udara

Supaya kulkas enak dilihat dan makanan di dalam juga lebih awet, maka bersihkan kulkas setiap seminggu atau maksimal dua minggu sekali. Bersihkan dengan menggunakan pembersih dapur seperti Cif atau sabun cuci anti bakteri.

Juga sebaiknya hindari menjejali kulkas dengan terlalu banyak barang, agar sirkulasi udara di dalamnya lancar.

merawat kulkas

3. Cara Menyimpan Makanan Dalam Kulkas

  • Pintu Kulkas : pintu digunakan untuk menyimpan susu (bubuk), telur, sirup dan minuman. Pada kulit telur terdapat Salmonella Enteridis. Jadi cucilah telur agar bakterinya tidak menyebar kemana-mana.
  • Rak Bawah : jika akan diolah dalam waktu dekat, maka bisa simpan daging atau ikan dalam wadah tertutup disini karena sangat dingin. Tujuannya adalah agar tidak terjadi kontaminasi silang. Karena daging akan cepat mengeluarkan cairan. Jadi letaknya paling bawah dan pada wadah tertutup agar cairannya tidak mengenai makanan lain. Jika diolah masih jauh hari, bisa diletakkan di freezer.
  • Laci Sayuran : Bahan ini perlu kelembapan tinggi agar tetap segar. Maka bisa simpan di laci sayuran.
  • Laci ke 2 atau 3 : bisa digunakan untuk menyimpan buah, karena tidak membutuhkan kelembapan tinggi seperti sayur. Buah atau sayur tertentu seperti pisang dan tomat sebaiknya disimpan pada suhu kamar saja, tidak perlu di kulkas. Karena akan cepat membusuk
  • Laci 2 atau 3 : juga bisa digunakan untuk menyimpan makanan yang tidak habis. Sebaiknya juga disimpan dalam wadah tertutup.
  • Laci 1 : bisa meletakkan berbagai macam makan siap saji seperti sosis, keju, susu UHT, dan sebagainya.
  • Evaporator : Bisa memasukkan makanan beku seperti es krim, french fries, daging, cokelat

merawat kulkas

Merawat kulkas dengan rutin akan memberikan banyak manfaat kan? Dengan tips merawat kulkas di atas ini, jangan lagi deh kita asal masukin bahan-bahan makanan ke dalam kulkas.

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top
RajaBackLink.com
x