Food

Dipanaskan Kembali, 6 Makanan Ini Bisa Berbahaya

dipanaskan, sayaajarkan

Sayaajarkan – Meskipun memanaskan makanan sudah menjadi pola hidup modern, namun kita perlu tahu ada beberapa makanan yang tidak boleh dipanaskan kembali.

Penelitian menunjukkan bahwa memanaskan kembali beberapa makanan favorit dapat membahayakan kesehatan kita, baik karena bagaimana mereka bereaksi dengan bakteri saat disimpan, atau karena protein yang terpecah saat memasak.

Sebelum memutuskan untuk memanaskan makanan dalam oven, ada baiknya membaca dulu daftar makanan di bawah ini.

1) Ayam dan Unggas Lainnya

Ayam dan unggas lainnya memiliki sejumlah kontaminasi salmonella seperti halnya telur.

Pemanasan ulang ayam tidak disarankan karena memiliki kepadatan protein lebih tinggi daripada daging merah – saat dipanaskan kembali, protein akan terpecah secara berbeda dan bisa mengganggu perut.

2) Nasi

Cara menyimpan nasi lebih penting daripada memanaskannya kembali.

Jika nasi dibiarkan berada pada suhu kamar, spora akan berlipat ganda dan bisa menghasilkan racun yang menyebabkan muntah atau diare – dan memanaskan kembali nasi tidak akan menghilangkan racun ini.

3) Kentang

Sama seperti nasi, cara menyimpan kentang yang telah dimasak lebih penting daripada memanaskannya kembali.

Jika dibiarkan pada suhu kamar (dan kemudian tidak dimasukkan ke dalam kulkas), maka akan ada pertumbuhan Clostridium Botulinum (Botulism), terutama jika disimpan dalam foil sehingga oksigen dikeluarkan dari kentang.

Pemanasan ulang kentang tidak akan selalu mematikan ini, jadi simpan kentang dengan aman dalam kulkas ya.

4) Jamur

Jamur memiliki protein yang mudah dihancurkan oleh enzim dan mikroorganisme, menurut European Food Information Council (EFIC)

Jika tidak disimpan dengan benar, jamur bisa membusuk dengan cepat dan menyebabkan sakit perut setelah pemanasan ulang.

Namun, kata dewan tersebut: “Jika mereka disimpan di lemari es dan tidak lebih dari 24 jam, secara umum tidak masalah memanaskan kembali jamur pada suhu yang dianjurkan yaitu 70 derajat celcius.”

5) Bayam atau Sayuran Berdaun Lainnya

Bayam saat dipanaskan bisa menyebabkan ‘Blue Baby Syndrome’ dimana bayam dan sayuran berdaun lainnya bisa mengandung konsentrasi nitrat tinggi, tergantung di mana sayuran ditanam.

Nitrat sendiri sama sekali tidak berbahaya, namun dapat dikonversi menjadi nitrit dan kemudian menjadi nitrosamin, beberapa di antaranya diketahui menjadi penyebab kanker.

6) Telur

Makanan wajib pada pagi hari yang kaya protein ini seharusnya tidak dipanaskan berulang-ulang. Pemanasan kembali telur pada suhu tinggi dapat menyebabkan telur menjadi beracun dan menimbulkan malapetaka dalam sistem pencernaan kita.

Jadi, hati-hati ya guys!

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top