Food

Makan Sayur Jadi Tantangan Bagi Anak? Coba 7 Tips Ini!

makan sayur, sayaajarkan

Sayaajarkan – Si kecil susah sekali makan sayur? Rasa-rasanya bukan hanya anak kecil saja, orang dewasa pun banyak yang nggak suka makan sayur dan buah.

Nah, tidak mau kan jika anak nantinya pilih-pilih makanan? Maka dari itu anak sudah harus mulai dibiasakan makan sayur dan buah sejak dini. Memang bukan pekerjaan yang mudah, tetapi bukan tidak mungkin.

Tentu saja caranya harus lebih kreatif agar anak tidak bosan. Berikut adalah tips-tipsnya. Selamat mencoba!

1) Orangtua Menjadi Role Model

Anak akan selalu mencontoh orang tuanya. Jadi jika mau anak tidak pilih-pilih makanan, kita yang harus menjadi contoh yang baik. Orang tua sebaiknya juga membiasakan diri untuk memakan sayuran agar timbul pikiran di anak bahwa buah dan sayur itu enak, tidak kalah dari daging!

2) Penyajian Kreatif

Sudah bukan rahasia lagi jika anak timbul rasa lapar dan keingintahuan-nya ketika melihat makanan yang berwarna-warni atau berbentuk lucu. Memangnya, untuk menyajikan yang seperti itu agak repot (apalagi jika ia sudah bersekolah). Tetapi, percayalah kerepotan itu tidak akan sia-sia jika ia akhirnya menyukai sayur dan menanamkan kebiasaan tersebut hingga dewasa

3) Juice / Milkshake

Untuk buah-buahan, kita bisa mengakalinya dengan dibuat juice atau milkshake. Karena akan terlihat lebih mudah diminum dan anak juga senang kalau menyedotnya dengan sedotan.

4) Dibuat Sup

Hampir sama seperti buah, kita bisa mengakalinya dengan mengubah sayuran menjadi sup lezat. Misalnya menjadi sup krim brokoli, sup krim labu kuning, sup tomat, sup kentang, dan sebagainya. Sup-sup tersebut nggak terlalu ribet membuatnya, warnanya menarik dengan kombinasi berbagai sayuran dan rasanya juga sangat lezat.

5) Dongeng Tentang Sayur dan Buah

Membacakan dongeng bukan hanya ketika anak mau tidur saja, tetapi sekarang juga bisa diselipkan ketika hampir tiba waktu makan. Membacakan cerita dengan tokoh buah dan sayur akan bisa menarik perhatian anak. Jangan lupa untuk menyelipkan manfaat-manfaat sehatnya ya.

6) Masak Bersama

Biasanya orang akan lebih senang dan semangat untuk memakan masakan yang dimasaknya sendiri. Ini juga berlaku buat anak-anak lho. Selain menyenangkan, si kecil juga akan mendapat pengetahuan soal gizi sayur mayur.

7) Biasakan Makan Sayur

Ingat ala bisa karena biasa. Maka, meskipun awalnya tidak mudah, ingat tetap dengan sabar mengajari anak. Sedikit demi sedikit, sesuap demi sesuap, akhirnya anak akan terbiasa juga.

 

 

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top
RajaBackLink.com
x