Food

Kimchi: Rahasia Panjang Umur Orang Korea?

Kimchi rahasia umur panjang orang Korea

Sayaajarkan – Ingin panjang umur? Coba makan kimchi! Kuliner berbahan sayur mayur asal Korea yang sering kita lihat dalam bentuk fermentasi sawi ini ternyata tidak hanya lezat tapi bisa jadi merupakan resep panjang umur orang Korea Selatan.

Penelitian yang dilakukan oleh Imperial College London Inggris berkolaborasi dengan World Health Organization belum lama ini menunjukan bahwa pada 2030 nanti, masyarakat Korea Selatan akan memiliki angka harapan hidup yang tertinggi di dunia.

Penelitian tersebut menyebutkan bahwa hal ini disebabkan oleh nutrisi yang cukup saat kecil, tekanan darah rendah, jarang merokok, akses pelayanan kesehatan yang baik, hingga penggunaan pengetahuan dan teknologi medis baru.

Rata-rata pria Korea Selatan diprediksi bisa hidup sampai usia 84 tahun, sedangkan perempuan, 90 tahun.

Proses Pembuatan Kimchi

Meski tidak disinggung, sudah jadi rahasia umum bahwa kimchi merupakan makanan wajib sehari-hari masyarakat Korea Selatan. Kimchi jamak dimakan sebagai lauk pendamping nasi, campuran masakan, hingga langsung sebagai kudapan.

Mirip sushi yang dianggap bertanggung jawab sebagai penyebab umur panjang di Jepang, serta minyak zaitun di kawasan Mediterania, bisa jadi kimchi merupakan faktor penentunya di Korea Selatan.

Kimchi, kuliner Korea yang segar dan menyehatkan. Credit photo:  Platings + Pairings
Kimchi, kuliner Korea yang segar dan menyehatkan. Credit photo: Platings + Pairings

Seperti dikutip dari laman Michelin Guide, fermentasi dalam proses pembuatannya ternyata menjadi kunci mengapa kuliner tradisional ini begitu menyehatkan. Metode pembuatan makanan yang telah ada sejak ribuan tahun tersebut merupakan sumber potensial penghasil bakteri baik yang penting bagi kesehatan.

Dalam membuat kimchi, pertama-tama sawi atau kubis direndam menggunakan air garam untuk membunuh bakteri-bakteri jahat. Kemudian, bakteri baik yang tersisa bernama lactobacillus (seperti yang terkandung dalam yogurt) yang dibutuhkan pencernaan mengkonversi gula dan karbohidat menjadi asam laktat.

Asam laktat lah yang kemudian mengawetkan sayur mayur dan memberikan rasa khas dari kimchi. Hasil dari pengolahan tersebut tak hanya menghasilkan makanan yang kaya akan vitamin A, B namun juga mineral seperti kalsium, zat besi. Terdengar sangat menyehatkan bukan?

Ngomong-ngomong, doyan kimchi? Dari setidaknya 180 varian kimchi, mana yang jadi favoritmu?

Satu lagi, kalau kalian memiliki tips, tutorial, dan info-info yang menarik, jangan lupa beritahu kami, ya!

Baca juga:

Ginseng: Rahasia Kecantikan Kulit Wanita Korea
Wisata Anti Mainstream: 9 Lokasi Memukau di Korea Utara
Kanker Darah: Cegah dengan 5 Sayuran Ini

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top
RajaBackLink.com
x