Food

5 Rahasia Stroberi untuk Kesehatan

Manfaat stroberi

Sayaajarkan – Mungkin tak banyak yang tahu kalau stroberi merupakan genus tumbuhan berbunga dalam keluarga mawar. Buah yang rasanya sedikit asam ini juga termasuk dalam daftar buah yang memiliki antioksidan paling tinggi.

Nah, mau tahu lebih banyak soal stroberi? Berikut lima manfaat berlimpah buah ini untuk kesehatan kita.

Manfaat di Balik Asamnya Stroberi

Menjaga Kesehatan Gigi dan Mata

Seperti dikutip dari Hello Sehat, Stroberi mengandung xylitol yang bisa mengurangi plak pada gigi. Selain itu, buah ini juga menjaga kesehatan mata kita. Kombinasi vitamin C dan antioksidan yang ada di dalamnya dapat melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan penurunan fungsi mata.

Maka dari itu, mengonsumsi buah ini dapat mengurangi risiko degenerasi makula dan katarak. Kandungan potasiumnya pun dipercaya ampuh untuk mengatasi masalah tekanan okular pada bola mata.

Tahukah kamu, biji yang berada di luar buah stroberi jumlahnya bisa mencapai 100. Credit photo: Telegraph

Daunnya baik untuk diare

Daun yang sering menempel pada buah stroberi bisa dimakan, tapi kebanyakan orang malah membuangnya. Manfaat dari daun ini adalah bisa meredakan serangan diare karena terdapat zat astringent.

Mengurangi stres dan kolesterol

Flavonoid merupakan bagian dari warna merah pada stroberi. Zat ini dapat mengurangi kolesterol dan penyumbatan arteri jantung.

Tak hanya itu, buah ini mengandung vitamin C lebih banyak dari jeruk yang bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan bagus untuk kulit. Vitamin C juga dapat mengurangi tingkat stres seseorang.

Mencegah Kanker

Vitamin C, asam folat, anthocyanins, quercetin, dan kaempferol merupakan beberapa jenis flavonoid yang memilki efek antikarsinogenik. Kandungan yang ada di stroberi ini dapat melawan tumor penyebab kanker.

Sementara itu, kandungan anthocyanidin dan flavonoid-nya dapat melawan penurunan daya ingat. Fungsi otak pun jadi terjaga dengan baik.

Mengurangi Jerawat

Terakhir, cobalah buat masker atau lulur dengan tambahan madu, baking soda, gula pasir, dan sedikit air. Buah ini dapat menghaluskan, mengencangkan kulit wajah, serta memiliki kandungan salisilat yang bisa mengurangi jerawat.

Bagaimana, tertarik menambahkan buah ini di dalam menu makan harian kamu? Jangan lupa beritahu kami ya hasilnya.

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top
RajaBackLink.com
x