Food

RESEP: Lupis

Sayaajarkan – Musim hujan sudah tiba, rasanya akan sangat nikmat menikmati secangkir teh hangat di sore hari. Namun tidak akan lengkap tanpa hadirnya sebuah kudapan yang mendampingi. Bagaimana jika kali ini kita coba lupis? Kue ini memiliki tekstur kenyal dengan rasa gurih manis khas kue nusantara.

Lupis
Credit Photo: @dessivilast instagram.com

Berikut ini sayaajarkan kamu sebuah resep membuat lupis yang dikutip dari laman instagram @dessivilast. Berikut ini adalah langkah-langkah yang perlu kamu ikuti.

Bahan

Bahan Lupis:
500 gr beras ketan kualitas bagus
1 sdt garam
Sedikit pasta pandan (boleh tidak digunakan jika menginginkan lupis berwarna putih)
2 lembar daun pandan, simpulkan
Air untuk merebus

Bahan Taburan:
1/4 butir kelapa setengah tua, parut
Sejumput garam
1 lembar daun pandan

Bahan Kuah Kinca:
150 gr gula merah
1 sdm gula pasir
50 ml air
2 lembar daun pandan, simpulkan

Cara Membuat

Cara membuat Lupis:

  1. Cuci bersih beras ketan lalu rendam beras ketan selama 2 jam. Buang air rendaman beras ketan lalu beri garam dan pasta pandan. Aduk hingga tercampur rata.
  2. Potong daun pisang memanjang. Bentuk daun pisang menjadi segitiga. Isi dengan beras ketan, lalu padatkan. Lipat rapi, pastikan tidak ada celah ataupun lubang, lalu sematkan lidi sebagai pengunci. Pastikan daun pisang yang dipilih lebar dan tidak terlalu kaku. Jika kaku kamu bisa menjemurnya sebentar agar agak lentur dan tidak mudah robek.
  3. Masukkan daun pandan kedalam air rebusan. Rebus lupis hingga matang dengan cara; didihkan air, lalu masukkan lupis selama 10 menit. Matikan api dan diamkan selama 30 menit tetap dalam keadaan tertutup rapat (gunakan wadah merebus dengan tutup) selama 30 menit. Lalu rebus lagi selama 7 sampai 10 menit. Matikan api dan diamkan lagi selama 30 menit. Hal ini dilakukan agar kekenyalan lupis pas ketika matang.
  4. Setelah matang sempurna. Angkat dan tiriskan. Tunggu hingga dingin dan set.

Cara membuat Taburan:

Campurkan semua bahan taburan dan kukus selama 10 menit, lalu sisihkan.

Cara membuat Kuah Kinca:

Campurkan semua bahan saus kinca, lalu masak dengan api sedang hingga gula hancur dan mengental. Setelah matang, buang daun pandan lalu saring

Penyajian

Nah, setelah kesemuanya siap, kamu tinggal mensajikan lupis dengan baluran kelapa kukus, lalu siram dengan saus kinca. Selamat mencoba.

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top
RajaBackLink.com
x