Food

Rendang vs Kalio, Nyaris Serupa tapi tak Sama

Rendang vs Kalio

Sayaajarkan – Rendang dan Kalio sekilas memang terasa seperti menu yang sama. Namun, sebenarnya dua makanan ini sebenarnya cukup berbeda lho.

Rendang yang asli itu berwarna hitam pekat serta lebih kering, sementara Kalio basah dan berwarna cokelat terang. Itu mengapa, beberapa orang menyebut Kalio sebagai rendang setengah matang.

Nah, supaya kedepannya enggak ketukar lagi, sini saya ajarkan bedanya.

Tekstur daging

Kalio memiliki warna cokelat muda dengan tekstur lengket yang basah dan berkuah. Dagingnya biasanya agak alot dan rasanya tidak terlalu pedas. Kalio juga memiliki aroma karamel yang khas.

Nah, untuk rendang asli Padang, dagingnya pasti berwarna gelap, antara cokelat tua hingga hitam pekat. Semakin gelap, maka semakin lama proses memasaknya.

Teksturnya sendiri itu kering, dagingnya lebih empuk ketika kamu gigit dan mudah hancur di mulut. Kuahnya pun sangat kental, bahkan cenderung kering dan berminyak. Banyaknya rempah yang digunakan menciptakan cita rasa pedas yang khas, serta aroma rempah.

Duh duh duh, jadi lapar ya bahasnya…

Bahan dan bumbu

Saat memasak Kalio, kamu bisa menggunakan banyak jenis daging seperti daging sapi, kerbau, bebek, jeroan, bahkan jengkol atau telur. Bumbunya pun lebih sederhana.

Sementara rendang yang asli Padang, hanya khusus menggunakan daging sapi atau kerbau saja, Dengan bumbu yang kompleks, rendang akan dimasak hingga dagingnya lembut dan mudah dimakan.

Beda waktu memasak rendang dan kalio

Dari segi waktu masak pun berbeda. Memasak Kalio hanya butuh 2-3 jam, hingga mendapatkan kuah kental yang berminyak dengan warna kuning kecokelatan.

Akibatnya, dengan durasi masak tersebut, Kalio hanya dapat bertahan kurang dari tiga hari dalam suhu ruang.

Sedangkan rendang, membutuhkan waktu seharian untuk memasaknya. Kamu harus memastikannya matang dengan warna gelap dan bertekstur kering.

Jika sudah matang, makanan favorit kamu ini bisa awet hingga 3-4 minggu dalam suhu ruang lho. Selain itu, jika kamu angetin atau kamu panaskan, rasanya justru akan terasa semakin enak.

Nah, sekarang sudah tahu kan bedanya…. Terus kamu lebih suka yang mana nih? Kalio si rendang setengah matang, atau si hitam pekat asli Padang?

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top
RajaBackLink.com
x