Food

Keju Termahal di Dunia! Dibuat dari Susu Keledai

Sayaajarkan – Sebuah peternakan di Serbia membuat keju Pule, yang diklaimnya sebagai keju termahal di dunia. Harga per kilonya bisa mencapai Rp. 14,8 juta!

Menurut sang pembuatnya, Slobodan Simic, salah satu faktor penyebab harganya yang sangat mahal adalah bahannya. Bayangkan! Untuk membuat satu kilogram Pule saja, ia membutuhkan 25 liter susu keledai.

Wow, lalu bagaimana rasanya ya? “Putih, padat dan kaya rasa, tidak hanya enak tapi baik untuk kesehatan kamu,” kata Simic.

Memiliki banyak khasiat

Konon, air susu keledai memiliki khasiat yang mirip dengan ASI manusia. Simic bahkan menyebutnya sebagai obat untuk berbagai penyakit, termasuk asma dan bronkitis.

“Seorang bayi manusia dapat meminum susu keledai ini sejak hari pertama lahir tanpa harus kita encerkan,” ujarnya. Ia menyebutnya sebagai keajaiban alam.

Eits tunggu dulu, masih butuh banyak penelitian ilmiah untuk membuktikan apa yang dibeberkan oleh Simic. Namun, di luar itu, susu keledai memang tinggi protein dan telah mendapat pengakuan dari PBB sebagai alternatif yang baik, bagi mereka yang alergi terhadap susu sapi.

Susu keledai juga memiliki kadar kasein yang rendah, sejenis protein yang bertindak sebagai agen pengikat, dalam pembuatan keju.

“Yang tidak orang-orang lakukan dan tidak bisa dibuat oleh siapa pun di dunia ini adalah keju keledai,” kata Simic bangga.

Begini penampakan keju Pule. Sumber foto: My Fermented Foods
Begini penampakan keju Pule. Sumber foto: My Fermented Foods

Peternakan Simic mengaku menjual antara 6 hingga 15 kilogram keju dalam setahun. Mereka menjualnya kepada orang asing, dan turis yang berkunjung. Simic juga memproduksi sabun susu keledai dan minuman keras.

Bagi Simic, bisnis ini merupakan salah satu cara untuk melindungi keledai. Hewan ini belakangan semakin tidak tersorot, terutama saat mesin mulai menggantikan tempat mereka di pertanian.

Oh ya, selain pule, masih ada banyak jenis keju lain di dunia lho yang juga memiliki harga selangit. Yuk cek satu persatu.

Daftar keju termahal di dunia

Moose
Kisaran harga: USD 1000 per kilogram atau sekitar Rp 14,4 juta.
Berasal dari The Moose House di Bjurholm, Swedia dan menggunakan susu rusa.

White Stilton Gold
Kisaran harga: USD 800 per kilogram atau sekitar Rp 11,5 juta.
Keju tradisional dengan tampilan visual yang cantik asal Inggris ini memiliki aroma yang unik dan khas saat kita makan.

Bitto Storico
Kisaran harga: USD 300 per kilogram atau sekitar Rp 4,3 juta.
Keju ini diproduksi hanya di satu tempat di dunia. Bitto Storico berasal dari susu sapi di Lembah Valtelina di Italia. Memiliki rasa yang bervariasi sesuai musim.

Caciocavallo
Kisaran harga: USD 100 per kilogram atau sekitar Rp 1,4 juta.
Ini adalah keju yang terbuat dari susu kuda asal Italia, yang umum diproduksi layaknya susu sapi.

Blue jersey
Kisaran harga: USD 90 per kilogram atau sekitar Rp 1,3 juta.
Tampilan keju semakin cantik dengan jamur biru yang berbentuk seperti memiliki urat. Warna keju putih dan abu-abu. Permukaannya berbintik-bintik.

Ada juga keju yang terbuat dari susu kerbau

Beaufort d’Ete
Kisaran harga: USD 90 per kilogram atau sekitar Rp 1,3 juta.
Beaufort teksturnya lembut dengan warna mentega yang pucat. Ini adalah produk dari wilayah Savoie Prancis dan berasal dari susu sapi pegunungan.

Cacio Bufala
Kisaran harga: USD 90 per kilogram atau sekitar Rp 1,3 juta.
Cacio Bufala adalah salah satu dari beberapa keju artisanal yang merupakan hasil produksi di Italia, dari susu kerbau yang telah melalui pasteurisasi.

Rogue River Blue
Kisaran harga: USD 80 per kilogram atau sekitar Rp 1,1 juta.
Berasal dari Oregon, AS. dan merupakan hasil produksi Rogue Creamery, produsen susu organik bersertifikat yang berlokasi di Grants Pass. Keju biru AS ini terkenal dan telah terjual ke hampir seluruh dunia.

Gorau Glas
Kisaran harga: USD 80 per kilogram atau sekitar Rp 1,1 juta.
Berasal dari Inggris. Gorau Glas adalah keju mahal pemenang penghargaan yang produksinya terdapat di Anglesey, Wales. Kejunya sendiri terbuat dari sapi perah di peternakan Caws Gorau Glas.

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top