Food

Tips Bikin Telur Super Sehat, Wajib Dicoba!

Ilustrasi telur. Dok/Medical News Today

Sayaajarkan – Kamu pecinta telur? Ya, hampir semua orang sependapat denganmu. Telur adalah makanan murah meriah yang sangat bergizi dan enak. Cara memasaknya juga sangat mudah. Kita bisa menggorengnya, atau sekedar merebusnya dengan air mendidih.

Rata-rata telur mengandung sedikit kalori, namun kaya akan protein, vitamin, mineral, lemak sehat, serta berbagai nutrisi. Jadi, makanan ini sangatlah menyehatkan.

Namun, hati-hati lho. Cara kita memasak ternyata dapat memengaruhi nutrisinya. Oleh karena itu, sini saya ajarkan cara memasak yang paling baik dan sehat.

Kalau direbus begini, bikin lapar ya?

Kenapa harus matang?

Seperti kita ketahui, memasak telur berguna untuk menghancurkan bakteri berbahaya. Memasaknya juga akan membuat beberapa nutrisi di dalamnya menjadi lebih mudah kita cerna.

Penelitian menunjukkan, tubuh manusia dapat menggunakan 91% protein dalam telur yang matang, dibanding yang mentah, dengan persentase sebesar 51%.

Protein dalam telur yang masih mentah juga dapat mengganggu ketersediaan biotin mikronutrien, yang merupakan nutrisi penting untuk metabolisme lemak dan gula. Ini juga kita kenal sebagai vitamin B7, atau vitamin H.

Dalam keadaan mentah, protein dalam putih telur yang disebut avidin mengikat biotin, sehingga tubuh tidak bisa menggunakannya. Tapi, saat dimasak, panasnya menyebabkan perubahan struktural pada avidin, sehingga tak lagi mengikat biotin. Ini membuat biotin jadi bisa terserap tubuh.

Tips dapat telur segar di supermarket - Bandingkan dua butir telur
Pilihlah yang masih benar-benar segar.

Memasak dengan api besar dapat merusak nutrisi lain

Ingat, meskipun memasak telur membuat beberapa nutrisi lebih mudah untuk kita cerna, namun memasaknya dengan api yang besar atau suhu yang terlalu tinggi berisiko merusak nutrisi lainnya. Kandungan vitamin A-nya bahkan berkurang 17-20%, pun begitu dengan jumlah antioksidan di dalamnya.

Tak hanya itu, suhu yang terlalu tinggi juga bisa mengoksidasi kolesterol dalam telur, dan menghasilkan senyawa yang kita kenal sebagai oksisterol.

Dalam banyak penelitian, Kolesterol teroksidasi dan oksisterol dalam darah terkait dengan peningkatan risiko penyakit jantung.

Tips memasak telur agar tetap super sehat dan bergizi

Memasak rendah kalori
Agar metode ini optimal, merebus jadi pilihan terbaik. Metode memasak ini tidak menambahkan kalori berlemak ekstra, jadi telur akan lebih rendah kalori daripada versi dadar, mata sapi, atau orak-arik.

Campurkan dengan sayuran
Telur sangat cocok dengan sayuran. Artinya, ada peluang bagus untuk meningkatkan asupan sayuran. tambahkan sayuran pilihan kamu saat mendadar atau membuat orak-arik.

Goreng dalam minyak yang stabil pada suhu tinggi
Gunakan minyak yang bisa tetap stabil pada suhu tinggi, serta tidak mudah teroksidasi dan membentuk radikal bebas berbahaya. Minyak alpukat, minyak bunga matahari, dan minyak zaitun merupakan pilihan yang baik.

Pilih kualitas terbaik
Cara beternak dan pola makan ayam dapat mempengaruhi kualitas gizi telur. Secara umum, hasil produksi dari ayam yang dibesarkan di padang rumput cenderung lebih bergizi daripada ayam yang besar dengan cara konvensional dan selalu berada di dalam kandang.

Jangan memasaknya terlalu lama
Semakin lama dan panas kamu memasaknya, maka akan semakin banyak nutrisi yang hilang. Menggunakan panas yang lebih tinggi dan lebih lama juga dapat meningkatkan jumlah kolesterol teroksidasi yang terkandung di dalamnya, terutama jika kita goreng.

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top
RajaBackLink.com
x