Food

Gula Tak Selalu Buruk, Ini Manfaatnya!

Gula. Ilustrasi: Ledger Insights

Sayaajarkan – Kita mungkin sering mendengar bahwa gula berbahaya bagi tubuh bila dikonsumsi berlebihan. Tak main-main, berbagai penyakit menanti buat yang masih ngeyel. Termasuk diabetes.

Nah, ngomong-ngomong tentang ini, mungkin karena banyaknya pemberitaan mengenai keburukan gula, kita jadi sedikit lupa untuk mencari tahu manfaat yang sebenarnya. 

Ya, padahal tak sekadar manis, gula juga punya kebaikan lho untuk tubuh kita. Berikut beberapa di antaranya, menurut laman the1thing.com.

MANFAAT GULA BAGI TUBUH

Memberikan semburan energi seketika

Gula sebenarnya sangat mendukung produktivitas. Glukosa adalah sumber bahan bakar utama tubuh, dan ini berasal dari gula. 

Sukrosa mengandung molekul fruktosa dan molekul glukosa. Dalam prosesnya, tubuh akan memecah molekul, dan insulin membantu mengangkut glukosa ke sel tempat ia dimetabolisme secara instan dan berubah menjadi energi.

Tanpa glukosa, kita tidak akan memiliki stamina untuk bermain bola, atau memotong rumput di halaman rumah.

Sebagai cadangan energi

Setelah glukosa berubah menjadi energi untuk segera kita gunakan, tubuh akan menyimpan sebagian glukosa sebagai cadangan energi. Prosesnya bernama glikogenesis. 

Molekul glukosa terhubung bersama dengan apa yang kita kenal sebagai rantai glikogen. Nantinya, rantai glikogen terpecah menjadi unit glukosa tunggal, setiap kali tidak ada sumber energi utama.

Hal yang hebat tentang proses glikogenesis, adalah memungkinkan kita untuk pergi dalam waktu lama tanpa makan.

Namun, tetap perhatikan asupan makanan karena ketika glukosa melebihi kapasitas penyimpanan, akan berubah menjadi lemak.

Meningkatkan suasana hati dengan cepat

Ya, gula bisa membuat kita bahagia. Butiran manis ini mengaktifkan pusat kesenangan di otak kita dan menyebabkan aliran dopamin. Ini akan segera menghasilkan perasaan gembira.

TETAP SEHAT DENGAN SUMBER MANIS ALAMI

Sekali lagi, di luar semua manfaat yang kita baca di atas. Membatasi konsumsi gula adalah sesuatu yang wajib kita lakukan.

Meski manis itu menyenangkan, namun terlalu banyak mengonsumsinya akan membuat kita berada dalam risiko yang berbahaya.

Jika kita sedang mendambakan sesuatu yang manis, kita bisa mendapatkannya dari sumber alami yang ada pada beberapa produk seperti susu, buah-buahan dan sayursayuran.

Semuanya menyediakan rasa manis alami beserta serat, antioksidan, vitamin, mineral, dan hidrasi. 

Lewat makanan-makanan tersebut, kita dapat menikmati rasa manis tanpa membuat lonjakan insulin yang tidak sehat. Mudah bukan solusinya?

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top