Food

Ragam Manfaat Tempe

Tempe. Dok/The Daily Meal

SayaAjarkan – “Kamu makannya apa? Tempe!” Ya, itu adalah bait dari tembang lawas anak-anak tahun 90-an milik Enno Lerian. Ada yang pernah mendengar?

Siapa yang sangka, ternyata makan tempe banyak manfaat-nya. Produk yang terbuat dari kedelai ini mempunyai sumber protein yang lebih banyak daripada daging lho.

Makanan ini juga bisa kita selipkan ke berbagai menu makanan. Atau cukup kita nikmati dengan nasi dan kecap manis. Lezat!!!

Nah, kalau kamu enggak suka memakannya, berikut fakta-fakta soal manfaat yang wajib kamu tahu. Siapa tahu, habis membaca ini, kamu jadi enggak menolak lagi saat dapat suguhan tempe.

Apa itu tempe?

Dilansir dari Indonesia.go.id, tempe merupakan hasil fermentasi kedelai dengan sejenis jamur atau kapang, yang masuk ke dalam genus rhizopus.

Jamur ini sporanya beterbangan di udara, menempel pada debu yang termudahkan oleh iklim tropis.

Debu yang membawa jamur ini biasa menempel di daun waru atau daun jati. Ciri-ciri daun berjamur ini bisa terlihat di bawah permukaan daun, dalam bentuk serabut berwarna putih.

Dalam The Book of Tempeh, karya William Shurtleff dan Akiko Aoyagi, tempe ditulis sebagai salah satu makanan olahan dari hasil fermentasi yang sejajar dengan proses yang menciptakan keju, yogurt, dan tentu saja roti.

Selain aromanya sedap, produk ini juga mudah kita iris dan kita potong selayaknya daging.

Manfaat yang jarang kita ketahui

Sehat bagi balita dan yang sedang diet

Tempe mempunyai kandungan nutrisi yang banyak. Tidak hanya bagi vegetarian dan vegan, tapi baik juga dikonsumsi sebagai makanan pendamping ASI (MPASI). Makanan ini juga cocok bagi yang sedang berusaha keras untuk menurunkan berat badan.

Protein yang lebih banyak ketimbang daging

Sekalipun setara dengan daging, ternyata kandungan proteinnya lebih banyak tempe, dan kualitasnya pun terbukti jauh lebih baik.

Sumber kalsium yang setara dengan susu sapi

Penelitian di Kuala Lumpur, Malaysia mengemukakan bahwa kalsium yang ada pada empat porong tempe sebanding dengan satu gelas susu sapi.

Fakta menariknya, makanan ini juga satu-satunya sumber vitamin B12 dari nabati.

Sebagai antioksidan

Tidak hanya mempunyai kandungan nutrisi yang dapat memenuhi kebutuhan tubuh sehari-hari, tempe yang mengandung antioksidan mampu menghasilkan hemolisis sel darah merah, dan bisa menghasilkan vitamin E yang terbukti sebagai antioksidan alami.

Nah gimana? Banyak banget kan manfaatnya? Yuk buruan makan, sudah murah dan banyak vitaminnya lagi… “Kamu makannya apa?”**(Feb)

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top
RajaBackLink.com
x