Food

Jajanan Ini Tidak Bagus Dikonsumsi Balita

Ilustrasi Balita. Dok/Rollercoaster.ie

SayaAjarkan – Dengan alasan sayang sama anak kita yang masih balita, kita cenderung memberikan apa saja yang dia minta.

Tapi, ada juga yang karena sayang, justru malah tidak memberikannya.

Nah, persepsi ini tergantung baik dan buruknya ya readers. Tergantung apa yang akan dikonsumsi oleh bayi tersebut. Jadi jangan langsung nge-judge ya, apalagi kalau menyangkut balita, sensitif soalnya.

Karena ternyata, ada beberapa makanan yang sebenarnya tidak boleh buat bayi di bawah lima tahun, apa saja?

Sirup
Kandungan pemanis, pengawet juga pewarna yang terkadung dalam sirup akan mempengaruhi kesehatan. Apalagi untuk bayi di bawah lima tahun, karena hal ini bisa memicu obesitas sejak dini karena kecanduan yang tingi terhadap gula.

Buat ibu hamil, mengonsumsi sirup saat mengandung juga tidak bagus lho. Karena berisiko membuat bayi lahir prematur.

Wafer
Sebaiknya tidak memberikan jajanan ini untuk bayi di bawah lima tahun, karena organ di dalam tubuh balita belum mampu menetralkan efek pemanis buatan dalam wafer tersebut.

Untuk balita, hindari yang mengandung pemanis, pewarna, dan pengawet

Minuman Kemasan
Ada waktunya untuk mengenalkan jenis minuman ini kepada anak, tapi tidak pada saat masih balita.

Karena tidak hanya memicu radang pada tenggorokan dan batuk, ini juga merupakan salah satu faktor penyebab kegemukan dan diabetes.

Kacang Atom
Kacang atom ataupun pilus mengandung pemanis buatan dan juga zat fenilalanin yang berfungsi sebagai perasa makanan. Jika sering konsumsi, bahan tersebut menjadi pemicu faktor tidak sehat dalam tubuh balita.

Nah, baiknya untuk bayi di bawah lima tahun, kita berikan asupan dan makanan yang sudah masuk kategorinya ya. Jangan hanya karena sayang, kamu malah jadi enggak mengontrol apa yang dia makan.

Kamu juga bisa mengganti cemilan-cemilan yang tidak sehat dengan berbagai jenis buah dan sayur yang tentunya selain lebih sehat, juga lebih lezat dan anak suka.

Makan sehat dan vitamin, cukup membuat kita panjang umur, amin. Baca juga artikel lain seputar tumbuh kembang anak, baik yang di bawah lima tahun, maupun yang sudah mau menginjak remaja, hanya di Saya Ajarkan.

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top
RajaBackLink.com
x