Food

Manfaat Buah Ceplukan yang Harus Kamu Tahu

Buah ceplukan Dok/Suara

SayaAjarkan – Tahukah kamu? Banyak yang dulu menganggap buah ceplukan sebagai tanaman liar saja. Tapi, siapa yang sangka, ternyata buah ini banyak manfaatnya sejak zaman romawi.

Selain harganya yang sekarang sedang meroket dan fantastis, ternyata buah ini bisa kita dapatkan secara gratis karena buah ini gampang kita temukan di lahan kosong ataupun pekarangan rumah.

Berikut manfaat buah ceplukan yang bisa kita jadikan obat herbal atau tradisional:

Manfaat Mengejutkan dari Buah Ceplukan

Penyembuh Diabetes
Cara-nya ambil buah sampai akarnya. Cuci bersih dan keringkan atau layukan, lalu rebus dengan 3 gelas air dan saring supaya bisa kita minum airnya.

Penyembuh Sakit Paru-Paru
Ceplukan ini juga bisa kita konsumsi dengan cara yang sama, yaitu air rebusannya dan diminum. Airnya bisa mengurangi rasa gatal-gatal tenggorokan dan juga membersihkan paru-paru kita.

Penyembuh Ayan
Ambil 8 atau 10 buah ceplukan yang sudah kita masak, lalu usahakan untuk makan setiap hari secara rutin.

Luka Borok atau Bisul
1 buah ceplukan ini bisa kita gunakan sebagai salep ataupun obat luar. Cara-nya adalah dengan mengambil daun-nya dan buahnya, lalu haluskan dan campur dengan kapur sirih. Setelah itu, tinggal kita oleskan deh ke luka-nya.

Kandungan manfaatnya melimpah

Buah ceplukan atau ciplukan juga populer dengan berbagai nama daerah seperti cecenet atau cecendet, yor-nyèoran, dan kopok-kopokan.

Terkenal tumbuh dengan liar, buah ini biasa bercampur dengan tanaman lainnya di kebun, tegalan, sawah yang mengering, tepi jalan, tepi hutan, dan bagian-bagian hutan yang terbuka dan tersinari terik matahari.

Buah ini mengandung asam sitrat dan fisalin dalam buahnya. Selain itu, buah ini juga merupakan sumber alkaloid, asam malat, tanin, kriptoxantin, dan vitamin C.

Nah, kalau buah ini dulu kita mainkan sebgai bunyi-bunyian saja, sekarang sudah tahu kan kalau kita bisa menggunakannya untuk kesehatan kita.

Bahkan, kalau kamu punya lahan luas, kamu juga bisa nempertimbangkan untuk menjadi produsennya lho.

Yuk, tetap sehat dan produktif selama pandemi. Apalagi kalau bisa menghasilkan uang tambahan. Betul atau betul? Stay healthy and stay positive.**(Feb)

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top
RajaBackLink.com
x