Food

Ragam Manfaat Kacang Mete bagi Kesehatan

Kacang Mete

SayaAjarkan – Tahu cashew alias kacang mete dong? Biji yang berasal dari buah jambu monyet ini awalnya ada di Brazil, kemudian banyak yang membudidayakannya di berbagai iklim hangat di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Selain enak, kacang ini kaya nutrisi dan punya banyak manfaat lho bagi kesehatan. Mau tahu apa saja? Mengutip dari Healthline, simak daftar manfaatnya berikut ini.

Ragam manfaat kacang mete bagi kesehatan

Kaya nutrisi
Kacang mete sangat kaya akan lemak tak jenuh yang terkait dengan risiko kematian dini dan penyakit jantung yang lebih rendah.

Mete juga rendah gula, sumber serat, dan mengandung jumlah protein yang hampir sama dengan seporsi daging.

Selain itu, kacang ini mengandung sejumlah besar tembaga, mineral penting untuk produksi energi, perkembangan otak yang sehat, dan sistem kekebalan yang kuat.

Kacang ini juga merupakan sumber magnesium dan mangan, nutrisi penting untuk kesehatan tulang.

Mengandung senyawa tanaman yang bermanfaat

Sumber antioksidan
Banyak yang menganggap kacang-kacangan dan biji-bijian sebagai pembangkit tenaga antioksidan, termasuk kacang mete.

Antioksidan merupakan senyawa tanaman bermanfaat yang menjaga tubuh kita tetap sehat dengan menetralkan radikal bebas.

Hal itu akan membantu mengurangi peradangan dan meningkatkan kemampuan tubuh agar tetap sehat dan bebas dari penyakit.

Selain itu, kacang ini kaya akan polifenol dan karotenoid. Studi menghubungkan antioksidan dalam kacang-kacangan seperti kenari, pecan, dan almond dengan tingkat kerusakan sel oksidatif yang lebih rendah.

Karena profil antioksidannya yang serupa, kacang ini mampu melawan oksidasi yang serupa.

Ini terutama berlaku untuk kacang mete panggang, yang tampaknya memiliki aktivitas antioksidan yang meningkat ketimbang yang tersaji secara biasa.

Membantu menurunkan berat badan

Sahabat diet baru kamu
Kacang-kacangan kaya akan kalori dan lemak. Oleh karena itu, banyak yang menyarankan untuk membatasi jumlah kacang dalam makanan, ketika kita sedang mencoba menurunkan berat badan.

Namun, penelitian terbaru justru mengungkap kebalikannya. Diet yang kaya akan kacang, terkait dengan penurunan berat badan yang lebih efektif, daripada diet bebas kacang .

Faktanya, kacang mete bisa memberi tubuh lebih sedikit kalori daripada perkiraan sebelumnya.

Selain memberikan kalori yang lebih sedikit, kacang ini juga kaya protein dan serat yang dapat mengurangi rasa lapar dan mudah mengenyangkan.

Meningkatkan kesehatan jantung
Diet kaya kacang, termasuk kacang ini, secara konsisten terkait dengan risiko penyakit yang lebih rendah, seperti stroke dan penyakit jantung.

Satu penelitian menemukan bahwa orang dengan diabetes tipe 2 yang mengonsumsi 10% kalori harian dari kacang mete, memiliki rasio kolesterol LDL (jahat) terhadap kolesterol HDL (baik) yang lebih rendah, daripada mereka yang tidak makan kacang ini sama sekali.

Dua penelitian lain menghubungkan konsumsi kacang mete dengan kadar kolesterol HDL yang lebih tinggi, menurunkan tekanan darah, serta menurunkan kadar kolesterol total dan LDL. Namun, masih diperlukan penelitian lanjutan terhadap klaim ini.

Bermanfaat bagi penderita diabetes tipe 2
Orang dengan penyakit ini dapat mengambil manfaat dari kacang mete.

Itu sebagian karena kacang ini adalah sumber serat yang baik, di mana nutrisinya membantu mencegah lonjakan gula darah, serta menawarkan perlindungan terhadap diabetes tipe 2.

Dalam satu penelitian, orang dengan diabetes tipe 2 yang makan 10% kalori harian mereka dari kacang ini memiliki kadar insulin yang lebih rendah secara keseluruhan.

Bayangkan saja, kacang ini hanya mengandung 8 gram karbohidrat per porsi lho. Aman banget bukan?

Nah, itu tadi manfaat dari cashew atau kacang mete. Gimana, sudah tertarik untuk menambahkan makanan ini ke dalam konsumsi harian kamu? Beritahu kami ya.

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top
RajaBackLink.com
x