Apps

Ghost Kitchen: Cara Bisnis Online Modal Kecil!

Selain resto dan warung makan pinggir jalan, banyak sajian yang kita pesan berasal dari rumah-rumah yang hanya melayani delivery lewat ojek online.

SayaAjarkan – Bisnis online modal kecil. Kalau belum ngeh, kita bisa jualan makanan tanpa harus punya warung atau resto loh. Gak perlu modal besar sewa tempat ini-itu, cukup dari dapur rumah sebenarnya sudah bisa memulai!

Suka pesan makanan lewat GoFood, GrabFood, dan ShopeeFood kan? Nah, gak ada salahnya kita juga mulai usaha kuliner dengan jualan di sana. Mulai aja dulu!

Banyak sekali yang melakukannya. Selain resto dan warung makan pinggir jalan, banyak sajian yang kita pesan berasal dari rumah-rumah yang hanya melayani delivery lewat ojek online. Istilah baratnya, “ghost kitchen.”

Dan kalau modal terbatas atau takut rugi gak laku, mulai saja dengan stok sedikit. Misalnya jualan nasi goreng dengan stok nasi putih hanya satu rice cooker.

Persiapan Daftar GoFood, GrabFood, dan ShopeeFood

Penasaran kan? Sini saya ajarkan cara daftar GoFood, GrabFood, dan ShopeeFood!

Secara umum, untuk mendaftarkan usaha kita cukup memperhatikan serta mempersiapkan beberapa hal di bawah ini.

Resto

Seperti disinggung tadi, resto atau merchant tempat kita berjualan di sini adalah rumah kita. Sudah memilih nama? Nah selanjutnya cukup memasang banner, spanduk, atau apa pun yang pantas sebagai penanda usaha kecil-kecilan kita di depan rumah.

Kalau perlu siapkan juga sedikit meja dan kursi untuk konsumen yang mau beli langsung supaya lebih meyakinkan. Semua hal tersebut kemudian harus difoto untuk pendaftaran. Kemungkinan, nanti akan ada driver aplikator yang akan datang untuk memverifikasi.

Mitra Pengemudi ShopeeFood (Photo credit: Instagram ShopeeFood)

Dapur dan Menu

Tentunya yang kita jual adalah makanan dan/atau minuman. Untuk itu kita perlu menyiapkan foto-foto asli menu resto kita dengan seciamik mungkin supaya pembeli tertarik.

Karena sebelum memutuskan untuk membeli dan menyantapnya, pastinya mereka melihat gambarnya dong. Selezat apapun rasanya, kalau gambarnya kurang menarik ya lewat.

Selain menu makanan, kondisi dapur bisa juga diperlukan saat pendaftaran untuk meyakinkan aplikasi sebelum disetujui. Jadi siap-siap foto bareng masakan kita!

Baca juga:

RESEP: Opor Ayam

RESEP: Ayam Goreng Mentega

GO-FOOD
Pastikan jualan kita ada di GoFood juga!

Data Diri

Dokumen yang diperlukan untuk mendaftar GoFood, GrabFood, dan ShopeeFood gak banyak kok! Untuk merchant milik perseorangan, dokumen yang perlu diupload umumnya hanya seputar KTP, alamat email, dan nomor HP. Selama kita WNI, gak ada masalah.

Cara Pendaftaran

Untuk mendaftarkan bisnis makanan kita, bisa dilakukan sebagai berikut. Untuk GoFood, melalui aplikasi GoBiz. Dengan GrabFood, daftar dulu lewat website kemudian baru aplikasi Grab Merchant. Sedangkan ShopeeFood, melalui Shopee Partner. (Klik masing-masing link untuk melihat/mendownload)

Okay, silahkan ikuti petunjuk detil dari masing-masing aplikasi tadi, selamat mencoba dan semoga sukses!

Baca juga:

Google Primer: Belajar Bisnis dan Digital Marketing Gratis

Lulusan SMA? Ini 3 Tips Mutlak agar Sukses

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top