Food

Bukan Pakai Air! Begini Cara Redakan Rasa Pedas Berlebih di Mulut

Ilustrasi pedas. Dok/RSC Education

SayaAjarkan – Rasa pedas memang terkenal bisa meningkatkan selera makan dan menambah nikmat rasa makanan, namun ini tentunya hanya berlaku bagi para penyuka pedas.

Uniknya, tak semua penyuka pedas sanggup menahan kepedasan dari makanan yang mereka santap. Sehingga mereka akan berhenti di tengah jalan, dan panik mencari cara untuk menghentikan rasa pedas di mulutnya.

Terkadang, sensasi terbakar karena makan pedas bisa bertahan lama, Dan salah satu yang sering dilakukan untuk mengatasinya adalah mencoba menyiramnya dengan air.

Sayangnya, langkah tersebut bisa dibilang percuma. karena capsaicin yang terkandung dalam cabai adalah minyak, sementara minyak dan air tidak mungkin bersatu.

Lalu, apa yang sebaiknya kita lakukan? Berikut beberapa tips sederhana yang bisa membantu mengatasi rasa pedas yang berlebihan.

Tips atasi rasa pedas berlebih di mulut

Minum susu
Ganti segelas air minum dengan susu, karena cucu akan menetralkan capsaicin dengan cepat. Jika tidak punya susu, cobalah sesendok yogurt, keju, atau bahkan es krim.

Hapus pedas dengan pati
Pati merupakan karbohidrat kompleks yang tidak larut dalam air. Coba hapus pedas dengan mengunyah makanan yang mengandung pati seperti roti atau tepung maizena.

Makan buah asam
Buah yang rasanya asam segar akan bekerja membantu kamu meredakan pedas setelah makan. Kamu bisa mencoba lemon, limau, jeruk, nanas, ataupun stroberi. Ini semua dapat meredakan pedas di mulut dengan cepat.

Gula batu
Makan satu sendok teh gula atau madu bisa membantu menghilangkan pedas. Alternatifnya, cobalah menyesap gula batu langsung di lidah kamu.

Kamu juga bisa coba makan beberapa potong cokelat susu. Dalam hal ini, cokelat susu lebih baik daripada cokelat hitam, karena mengandung lemak yang akan meredakan efek pedas dari capsaicin.

Nah, bagaimana, apakah ada cara di atas yang berhasil mentasi rasa pedas di mulut kamu?

Ingat, meski suka pedas, hindari makan pedas berlebih terlalu sering ya, karena dampaknya kurang baik bagi pencernaan kamu. Tetap sehat dan tunggu tips-tips lainnya ya, hanya di SayaAjarkan.

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top