Food

5 Manfaat Menakjukban dari si Pedas Wasabi

Wasabi. Dok/Quora

SayaAjarkan – Para penyuka sushi pasti akan kenal dengan wasabi, parutan halus dari akar pedas yang mampu menambahkan cita rasa pada menu sushi kamu.

Tahukah kamu? Cocolan ini ternyata punya banyak manfaat hebat lho, tak hanya untuk kesehatan, tapi juga untuk kecantikan kamu.

Penasaran? Sini saya ajarkan.

Mengintip Ragam Manfaat dari Wasabi

Mencegah keracunan makanan
Wasabi adalah anggota keluarga tanaman brassicacae, yang meliputi mustard dan lobak. Cara penyajian yang tepat, adalah dengan parutan atau bubuk, serta dalam bentuk pasta.

Pernahkah kamu bertanya, kenapa ia cenderung dimakan dengan sushi? Jawabannya karena wasabi membantu mencegah keracunan makanan. Zat-zat di dalamnya mampu menetralkan dan membunuh spora jamur yang ada pada sushi mentah.

Ya! Wasabi mengandung allyl isothiocyanate, insektisida dan bakterisida.

Para ahli juga merekomendasikan untuk memasukkan sentuhan wasabi ke dalam menu sushi atau kotak bekal harian, guna menjaga makanan bebas dari hal-hal buruk.

Membuat awet muda
Nah, pasti ini manfaat yang paling dicari oleh para wanita. Sulfinil, senyawa yang dilepaskan saat wasabi segar diparut, adalah anti-oksidan yang kuat.

Mengonsumsi sulfinil secara teratur dapat membantu membalikkan penuaan dini, karena menurunkan oksigen reaktif dalam tubuh.

Selain membantu melawan kanker, ini juga berkontribusi pada pengurangan keausan umum tubuh, sebagai akibat dari proses penuaan alami.

Membantu mencegah kanker tertentu
Selain membuat awet muda, wasabi juga bisa mengurangi risiko kanker.

Senyawa 6-MSITC yang ada di dalamnyamemiliki sifat anti-inflamasi yang juga memberikan pertahanan tubuh terhadap sel kanker.

Sangat bagus untuk sirkulasi darah
Selain melawan kanker, 6-MSITC juga berfungsi untuk menghambat agregasi trombosit, yaitu penggumpalan trombosit menjadi gumpalan darah.

Dengan kata lain, ini akan mencegah pembentukan gumpalan darah dan secara efektif mengurangi risiko serangan jantung serta stroke.

Efek dari sirkulasi peredaran darah yang lancar sangat bermanfaat dalam menjaga kesehatan jantung secara keseluruhan dan menjaga kulit tetap bersih.

Melawan pilek dan alergi
Menelan segumpal besar wasabi adalah salah satu cara ampuh untuk membersihkan sinus yang tersumbat akibat pilek, gejala flu, atau alergi.

Pelepasan gas alil isothiocyanate yang membantu melawan bakteri, juga bekerja secara ajaib pada patogen penyebab pilek dan flu yang menyerang saluran pernapasan.

Jadi, lain kali kalau sedang mengalami pilek yang mengganggu, cobalah pergi keluar untuk makan sushi.

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top
RajaBackLink.com
x