Food

Kunyit dan Efek Hebat bagi Kesehatan

Kunyit. Dok/Healthline

SayaAjarkan – Kunyit lebih dari sekadar bahan untuk membuat kari! Bumbu dapur berwarna oranye terang ini menawarkan beberapa khasiat yang meningkatkan kesehatan.

Lalu, apa yang membuat kunyit bermanfaat untuk kamu? Ahli Gizi dan Pelatih Kesehatan Terdaftar untuk Second Nature dan kontributor Good Food BBC, Jo Lewin, belum lama ini memberikan jawaban.

Yuk kita simak bersama-sama.

Manfaat Hebat Kunyit bagi Kesehatan

Mengandung senyawa bioaktif yang memiliki sifat protektif
Makanan nabati yang berwarna-warni baik untuk kesehatan karena pigmen tumbuhannya, dan kunyit tidak terkecuali.

Kunyit mengandung komponen aktif utama kurkumin yang merupakan salah satu dari ratusan senyawa bioaktif yang terkenal.

Nilai senyawa pelindung ini adalah membantu tubuh memerangi efek merusak dari proses oksidasi.

Memasukkan makanan yang protektif akan menempatkan tubuh pada posisi yang lebih baik untuk mengatasi penuaan dan peradangan, serta nyeri otot akibat olahraga.

Membantu meringankan radang sendi
Potensi manfaat kesehatan dari kunyit, dan khususnya kurkumin, termasuk membantu mengatasi peradangan yang lebih baik dalam tubuh.

Studi yang membandingkan sifat anti-inflamasi kunyit dengan obat anti-inflamasi non-steroid (NSAID) telah menunjukkan hasil yang sangat baik.

Selain itu, penelitian pada hewan yang mengeksplorasi potensi terapeutik kurkumin sebagai pengobatan untuk radang sendi, benar-benar menggembirakan.

Namun, peneliti mengatakan bahwa mereka membutuhkan lebih banyak uji klinis untuk menentukan kemanjuran kurkumin bagi pasien radang sendi, terutama bagi mereka yang mengandalkan NSAID untuk pengelolaan kondisi ini.

Mendukung fungsi kognitif
Bahan aktif lain dalam kunyit adalah turmerone.

Meskipun masih sedikit informasi tentang turmerone, penelitian menunjukkan jika itu mungkin berguna untuk kondisi seperti mengatasi stroke dan penyakit Alzheimer, karena membantu memicu perbaikan sel dan berpotensi mendukung pemulihan fungsi otak.

Baik untuk Kekebalan Tubuh

Menurunkan risiko penyakit kardiovaskular
Studi menunjukkan bahwa efek anti-oksidan dan anti-inflamasi kurkumin dapat melindungi terhadap beberapa langkah yang terlibat dalam perkembangan penyakit jantung, termasuk meningkatkan kadar kolesterol.

Mendukung sistem kekebalan tubuh
Studi menunjukkan kurkumin dapat bertindak sebagai modulator kekebalan yang mempengaruhi sel-sel kekebalan penting termasuk sel T, sel B dan sel Natural Killer.

Selain itu, kurkumin tampaknya menurunkan senyawa pro-inflamasi yang disebut sitokin, aktivitas berkepanjangan yang dapat menyebabkan kerusakan inflamasi.

Ketika dikonsumsi dalam dosis rendah, kurkumin juga dapat meningkatkan respons antibodi untuk membantu melawan infeksi.

Penelitian pada hewan menunjukkan kunyit bahkan mungkin berperan dalam mengendalikan alergi, termasuk demam.

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top