Food

TAHUKAH KAMU: Sejarah Lahirnya Sandwich

Ilustrasi Sandwich. Dok: Pixabay

SayaAjarkan – Tak ada yang lebih menyenangkan dari menyantap sandwich sembari meneguk teh hangat atau kopi dingin. Menyegarkan, sekaligus mengenyangkan.

Nah, ketika memakannya, pernahkah kamu bertanya, mengapa bisa bernama sandwich? Dan apakah ada sejarah unik, di balik lezatnya makanan yang telah menjadi selera orang selama bertahun-tahun ini?

Jawabannya, tentu saja ada. Sini saya ajarkan.

Sejarah singkat lahirnya Sandwich

Makanan ini pertama kali dipopulerkan oleh John Montagu, Earl of Sandwich ke-4 (seorang bangsawan), di Inggris pada tahun 1762.

Earl of Sandwich adalah gelar bangsawan di Peerage of England, yang ada sejak didirikan oleh House of Montagu.

Menurut cerita populer, Montagu konon kecanduan judi, yang membuatnya menghabiskan berjam-jam di meja kartu.

Dia tidak ingin bangun dari tempat duduknya, jadi dia meminta juru masak rumah untuk membuatkannya sesuatu yang bisa dia makan, tanpa harus meninggalkan meja, dan tanpa menggunakan garpu.

Montagu juga memastikan bahwa kartu reminya tidak berminyak. Jadi sang juru masak memutuskan untuk menempelkan roti sebagai penutup daging.

Rupanya, Montagu sangat menikmati kombinasi roti dan daging karya juru masaknya, sehingga Montagu jadi sering memakannya.

Lambat laun, menu itu mulai terkenal di berbagai kalangan di London. Untuk nama sandwich-nya sendiri, pertama kali terungkap di jurnal sejarawan asal Inggris, Edward Gibbon, yang berarti potongan daging dingin.

Resepnya berlayar ke mana-mana

Memasuki tahun 1815, resep sandwich muncul di buku masak Amerika. Saking populernya, penemuan juru masak Montagu itu lantas menjadi inspirasi hingga ke luar negara. Termasuk Yunani dan Turki.

Di zaman sekarang, makanan ini dapat ditemukan dalam berbagai bentuk, mulai dari roti panggang, hingga yang berisikan es krim.

Menariknya, negara-negara di Asia Timur juga memiliki sandwich versi mereka sendiri. Contohnya bahn mi (baguette iris berisi daging dan acar sayuran) di Vietnam.

Tak kalah dengan Vietnam, India pun punya khas sendiri, yakni sandwich Bombay dan makanan ringan seperti vada pav. Jangan lupakan pula Timur Tengah yang menonjol dengan resep mereka, seperti sabich Israel.

Hmm, jadi lapar lagi bukan? Oh ya, jangan lupa untuk mengecek resep-resep seru yang ada di SayaAjarkan ya. Salah satu yang menjadi andalan kami, adalah roti jala. Silahkan mencoba memasaknya!

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top