Food

Awas! Cabai Ini Bisa Membunuhmu

Cabai super pedas. Dok/Live Science

SayaAjarkan – Penyuka pedas biasanya memiliki ketertarikan tersendiri terhadap berbagai jenis cabai. Mereka bahkan tak ragu untuk menemukan yang paling pedas, untuk memuaskan kebutuhannya dalam merasakan sensasi terbakar di mulut.

Namun, walaupun kamu penyuka makanan pedas, jangan pernah terpikir untuk mencoba cabai yang satu ini.

Ya! Percaya atau tidak, cabai terpedas di dunia ini berbahaya untuk dimakan, dan bahkan bisa menyebabkan pengonsumsinya meninggal dunia. Jadi jangan coba-coba ya!

Untuk namanya, terdengar cukup unik, yakni Dragon Breath alias Napas Naga. Sekilas mengingatkan kita akan serial House of the Dragon yang tersohor itu.

Uniknya, di balik tingkat kepedasannya yang berbahaya, ternyata ada manfaat yang cukup besar.

Para peneliti meyakini jika minyaknya bermanfaat sebagai obat bius alternatif, bagi mereka yang alergi terhadap obat konvensional.

Seberapa pedas sih cabai ini?

Mengutip The Hindu Business Line, Dragon Breath luar biasa pedas saat dihitung pada skala pedas Scoville, yang merupakan ukuran kepedasan (panas pedas) untuk cabai dan makanan pedas lainnya.

Saking kuatnya, satu tetes minyak capsaicinnya dapat dideteksi dalam 2,48 juta tetes air. Angka ini mengalahkan pesaingnya, Carolina Reaper, yang mencapai 2,2 juta, atau semprotan merica tingkat militer yang berada di skor 2 juta.

Para ahli percaya, siapa pun yang mencoba menelan Dragon Breath, bisa kehilangan nyawa akibat syok anafilaksis.

Siapa yang menanam Dragon Breath?

Mike Smith adalah penanam cabai ini. Saat ini, Dragon Breath dikembangkan untuk mengobati orang yang alergi terhadap anestesi. Ini karena ‘tingkat panasnya’ dapat berfungsi untuk membuat kulit menjadi mati rasa.

Guna budidaya cabai jenis ini, Mike Smith bekerja sama dengan Universitas Nottingham. Dan untuk urusan pedas, cabai ini 22 kali lebih panas dari habanero, dan hampir 300 kali lebih pedas dari jalapeño. Pedas banget bukan?

Saking pedasnya, Dragon Breath tidaklah layak jadi konsumsi manusia, karena takut jumlah capsaicinnya dapat menghanguskan saluran napas seseorang dengan syok anafilaksis.

Nah, bagaimana, seram bukan? Untuk info-info seru lainnya, jangan lupa kunjungi terus SayaAjarkan.com ya!

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top