Info Feed

6 Kebiasaan Orang Kaya yang Harus Ditiru Supaya Sukses

kaya, sayaajarkan

Sayaajarkan – Di dunia ini, ada sebagian orang yang terlahir sudah kaya raya dan hanya perlu meneruskan bisnis keluarganya. Tapi banyak juga yang mendapatkan kekayaannya melalui perjuangan sedikit demi sedikit selama bertahun-tahun. Terkadang, yang membuat orang kaya menjadi kaya tak semata modal atau uang, melainkan attitude alias sikap dan perilaku mereka.

Ingin sukses juga seperti mereka? Tak ada salahnya kita mencoba enam kebiasaan para orang kaya tersebut seperti dikutip dari Mentalfloss.com  (http://mentalfloss.com/article/84863/6-habits-rich-people-you-should-steal):

1.Punya Lebih Dari Satu Pekerjaan

Mungkin terdengar mustahil memiliki lebih dari satu pekerjaan . Tapi yang dimaksud di sini tak melulu bekerja pada dua perusahaan sekaligus, melainkan memiliki sumber penghasilan lebih dari satu. Tom Corley, penulis Change your Habits, Change Your Life yang menghabiskan waktu lima tahun mempelajari kebiasaan para orang kaya mengungkapkan:

“65 persen orang kaya di peneliatanku memulai dari miskin atau kelas menengah. Salah satu strategi yang mereka gunakan dalam membangun kekayaan adalah dengan memiliki lebih dari satu sumber pemasukan.”

Contoh, bila kita seorang karyawan sekaligus seorang sarjana pendidikan Bahasa Inggris, kita bisa mencoba memberikan les atau mengajar di sisa waktu kita di luar jam kantor. Lumayan kan, siapa tahu sampingan kita malah berkembang menjadi lembaga kursus besar yang menguntungkan?

2. Rajin Berolahraga

Diberitakan Psychology Today, sebuah studi mengungkapkan, bahwa orang yang aktif cenderung 14 – 17 persen menghasilkan uang lebih banyak ketimbang yang tidak aktif.

Jadi, menghabiskan waktu sengang di gym bukanlah sesuatu yang membuang-buang uang. Atau, setidaknya rajinlah jogging atau olahraga apapun kesukaan kita.

3. Tidak Senang Menghambur-hamburkan Uang

Pernah tidak mendapat bonus, THR atau apapun itu diluar penghasilan tetap bulanan lalu langsung menghabiskannya untuk berbelanja? Well, umumnya orang kaya dalam penelitian Tom Corley tidak seperti itu.

Mereka akan bersikap biasa saja dan membiarkan uangnya masuk ke dalam rekening tabungan. Kata dia, orang kaya ketat dalam menggunakan dana. Tapi jangan kelewat pelit juga sih, beramal dan membantu orang lain yang membutuhkan tentu perlu. Intinya rajin menabung.

4. Selalu Memprioritaskan Cita-cita

Calon orang kaya selalu mempunyai pandangan mau seperti apa hidup mereka.

Menurut John Ganotis, founder perusahaan edukasi konsumen bernama Credit Card Insider, mereka selalu membayangkan kesuksesannya di pagi hari sebelum beraktifitas untuk menetukan sederet keputusan yang akan diambil seharian.

Contohnya, ada yang menolak ajakan berpesta dan minum-minum karena dia tahu harus mengerjakan proyeknya atau belajar di malam hari supaya sukses di masa depan.

Senang-senang boleh, tapi tetapkan prioritas, guys!

5. Investasi

Investasi tak melulu menanam saham atau membeli properti. Bisa juga dengan memastikan keamanan kita di hari tua agar tak usah bersusah-susah lagi di masa depan.

Sebuah survei yang dilakukan oleh Biro Statistika Tenaga Kerja di Amerika Serikat membuktikan bahwa 20 persen teratas dari orang-orang kaya menyalurkan 16 persen penghasilan mereka ke dana pensiun dan asuransi.

Logis kan? Bila suatu hari kita jatuh sakit (semoga tidak) maka kita tak perlu lagi menguras uang untuk pengobatan karena sudah ter-cover oleh asuransi.

6. Mereka Gagal

Mereka pernah gagal tapi selalu berhasil bangkit kembali. Kalau cepat menyerah, mau dapat apa? Tak ada yang instan maupun mudah di dunia ini.

Bagaimana, siap untuk membiasakan diri kita menjadi orang kaya?

 

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top
RajaBackLink.com
x