Info Feed

7 Kiat Menjalani Hubungan Jarak Jauh

hubungan jarak jauh, sayaajarkan

Sayaajarkan – Tidak ada seorangpun yang mengatakan bahwa menjalani hubungan jarak jauh itu mudah. Tapi juga bukan menjadi alasan untuk retaknya suatu hubungan. Justru dengan hubungan jarak jauh ini, akan membawa tantangan dan juga kesempatan!

Kabar baiknya, kita tidak sendirian kok. Lebih dari 14 juta pasangan mengakui jika mereka saat ini sedang menjalani hubungan jarak jauh. Plus beberapa penelitian memang menunjukkan bahwa, berada jauh dari pasangan malah lebih merasa dicintai daripada mereka yang dekat. Meskipun di sisi lain perasaan kesendirian dan kurang puas juga meningkat.

Nah bagaimana caranya bisa menjaga hubungan dan membina komunikasi yang tepat dengan pasangan? Mari kita intip tips-tipsnya.

1)Hargai Bahwa Reaksi Antara Dua Orang Itu Berbeda

Kita dan pasangan adalah dua orang yang berbeda, jadi pemikiran dan reaksi terhadap hubungan jarak jauh ini pasti berbeda. Coba cermati pengalaman atau kejadian apa yang bisa memperkuat atau mencairkan suasana, atau jika ada situasi yang bisa menjadi pemicu emosi.

Lebih baik lagi, jika kita juga belajar beradaptasi dengan gaya dua orang yang berbeda ini. Kita mungkin lebih suka membicarakan perasaan dengan detail dan panjang lebar, sementara pasangan kita lebih suka tidak membicarakannnya dan malah membicarakan hal lain.

2) Kedekatan Bukan Cuma Secara Fisik Saja

Sementara kontak fisik adalah penanda penting suatu hubungan, ini tidak tersedia ketika kita berpisah. Namun bagusnya, ada cara-cara lain yang sedikitnya dapat tetap mendekatkan kita, misalnya secara mental, emosional dan spiritual.

Misalkan, berbagi film atau buku (kedekatan mental), bagaimana bereaksi terhadap kejadian saat ini atau yang akan datang (emosional) atau bisa saling bersyukur atas kemurahan hati atau usaha menjadikan dunia ini lebih baik (kedekatan spiritual)

3) Sering Berkunjung

Jika memungkinkan, sering-seringlah berkunjung sesuai dengan kesempatan dan juga anggaran yang ada. Buat rencana kunjungan secara tetap atau paling tidak di akhir kunjungan kita, kita sudah menetapkan jadwal kunjungan berikutnya.

Bertatap muka secara langsung sangat penting untuk menjaga komunikasi agar tetap baik, membangun kepercayaan dan akan bisa lebih mengenal kekasih kita.

4) Jaga Si Dia Agar Tetap Dekat

Kirimkan dia surat yang kita tulis dengan tangan (yup, bukan hanya lewat email saja), atau mengejutkannya dengan hal-hal yang tidak berbau romantis misalnya mengirimkan dia kopi favoritnya atau barang yang sudah lama ingin dia beli, dan sebagainya.

Melihal barang-barang ini di sekitar apartemennya atau kantornya, akan mengingatkan dia pada kita dan pastinya ia akan selalu mengingat kita juga. Bahkan meskipun tidak bisa dekat secara fisik, tapi Anda berdua bisa merasa dekat satu sama lain dengan memastikan bahwa kita selalu ada dalam kehidupannya.

5) Membangun Kepercayaan

Sebelum berpisah, kita dan pasangan perlu membuat kesepakatan apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan. Dan kesepakatan tersebut harus dipatuhi.

Kita dan pasangan harus menyadari bahwa melanggar sebuah kesepakan memiliki konsekuensi dalam integritas sebuah hubungan dan pastinya memerlukan waktu lama untuk memperbaikinya.

6) Buat Sebuah Identitas

Kita dan pasangan adalah dua orang yang berbeda, dengan pemikiran, pendidikan dan latar belakang yang berbeda. Jadi sangat penting untuk menciptakan identitas ketiga ini – sebagai pasangan. Dengan mempunyai identitas ketiga ini, akan membantu untuk terkoneksi satu dengan lainnya.

Bagaimana caranya? Bertukar cerita tentang kesibukan sehari-hari, menonton film di saat yang bersamaan, bercerita tentang kawan lama, berdiskusi tentang event lokal yang akan datang, belajar lebih banyak tentang minat pasangan kita akan membantu untuk menciptakan identitas bersama ini.

7) Hargai Ruang Pribadi Pasangan

Hey, menjadi sepasang kekasih atau suami istri bukan berarti kita harus berbagi semuanya atau harus nempel terus sama pasangan kita. Baik kita maupun pasangan sama-sama mempunyai kehidupan yang lain, artinya punya keluarga juga punya lingkungan teman sendiri.

Dengan menghargai ruang pribadi ini, pasangan akan merasa nyaman dan tidak terkekang. Sehingga hubungan lebih sehat dan lebih terbuka.

Long Distance Relationship memang penuh dengan tantangan, tapi bukan berarti tidak bisa ditaklukkan. Asalkan cara komunikasinya dan sikap kita tepat, maka tidak ada masalah menjalaninya.

 

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top