Info Feed

Ingin Memori Otak Lebih Baik? Simak 5 Tips Berikut Ini!

memori otak, sayaajarkan

Sayaajarkan – Sering merasa susah sekali dalam mengingat atau menghapalkan sesuatu? Jangan khawatir, hal itu bukan berarti kalau kita sudah pikun, melainkan bisa saja karena memori otak kita yang kurang dilatih. Seperti tubuh yang harus berolahraga supaya bugar dan sehat, ingatan pun harus senantiasa dilatih juga.

Berikut lima tips mudah meningkatkan kemampuan kita dalam mengingat yang mungkin bisa dicoba, yang kami rangkum dari berbagai sumber.

1. Latihan

Practice makes perfect. Apapun harus selalu dilatih agar kemampuan tersebut tidak menurun atau bahkan menghilang. Dalam urusan sekolah, pekerjaan, atau apapun, berlatihlah terus supaya sempurna. Otomatis logika berpikir dan ingatan kita akan ikut tajam karenanya. Intinya, jangan berhenti belajar. Mirip seperti saat kita menghafal perkalian saat SD lah.

2. Jadi Pendengar yang Baik

Pada 1972, psikolog ternama Craik and Lockhar menemukan bahwa semakin kita melihat dan mendengarkan dengan seksama, maka akan semakin kita mampu memasukannya ke dalam memori otak kita. Intinya, jangan malas dan cuek, jadilah pendengar yang baik.

3. Bayangkan sesuatu secara visual

Visual imagery. Bayangkan segala sesuatunya secara visual agar lebih mudah diingat kemudian. Misal, saat kita sedang mendengarkan briefing dari atasan atau di kelas mendengarkan dosen mengajar, gambarkanlah secara terstruktur ide-ide tersebut. Metodenya bisa bermacam-macam, salah satunya dengan menggambarkan pohon silsilah atau skema tertentu di kepala kita. Atau, bisa juga sambil mencatatnya di atas kertas.

 

4. Gunakan Akronim atau Singkatan

Akronim atau singkatan sangat mudah dalam mengingat sesuatu. Masih ingat saat kecil dulu menyingkat warna-warna pelangi supaya hafal bukan? Atau singkatan semacam JABODETABEK di artikel berita? Well, kita bisa menggunakannya untuk hal lainnya juga lho. Dijamin lebih mudah. Coba saja!

5. Buatlah poin dan kesimpulan

Dalam memperhatikan sesuatu seperti briefing atau kegiatan belajar-mengajar, buat atau mintalah kesimpulan dan poin-poin supaya kita lebih optimal dalam memahami keseluruhan penjelasan tersebut. Juga saat kita yang memberikan penjelasan, lakukanlah hal tersebut supaya yang mendengarkan kita lebih mudah dalam memahaminya.

Bagaimana, tidak sulit kan meningkatkan memori otak kita? Well, semoga membantu. Beri tahu kami bila ada cara-cara lainnya ya!

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top
RajaBackLink.com
x