Info Feed

TAHUKAH KAMU: Siapa Penemu AC?

AC. Credit Photo: Quora.com

Sayaajarkan – Orang yang menciptakan AC alias mesin penyejuk udara sebetulnya tak berniat mengubah dunia. Ia hanya ingin menyelesaikan masalah yang dialaminya.

Apa masalahnya? Dan siapa ilmuwannya? Sini saya ajarkan.

Alkisah, di tengah udara panas di sebuah rumah sakit di Apalachicola, Florida, AS, pada abad ke-19, Dr. John Gorrie ingin membuat pasien penyakit malaria merasa nyaman. Ia ingin pasien-pasiennya tak kepanasan. Maka ia merancang sebuah sistem yang meniupkan udara di atas semangkuk es yang dipasang di langit-langit. Sistem ini menurunkan suhu udara dan membuat para pasien lebih nyaman.

Kemudian, ia menciptakan mesin yang menekan gas, mendorongnya melalui kumparan yang terpancar, kemudian mendinginkannya dengan mengembangkannya. Alat ini dipatenkan pada 1851 dan menjadi awal dari sistem pendingin masa kini.

TAHUKAH KAMU: siapa penemu AC?

Mesin es John Gorrie saat ini dipajang di John Gorrie Museum State Park di Florida. Credit Photo: www.wlrn.org

Namun, yang layak disebut Bapak AC sebenarnya adalah Willis Carrier, seorang inovator yang juga pengagum inovator lain Thomas Alva Edison dan Henry Ford. Setelah lulus dari Universitas Harvard, Carrier bekerja meengoperasikan mesin cetak berwarna di Buffalo Forge Company. Di sana ia mendapati suhu hangat di pabrik mempengaruhi hasil cetakan warna. Ia butuh ruangan dengan suhu stabil.

Ia lalu menciptakan sistem yang berfungsi mendinginkan dan mengeringkan udara di bagian dalam pabrik dengan meniupkan udara itu di atas dua set kumparan, yang satu didinginkan oleh air sumur (air dingin) dan yang lain oleh kompresor pendingin amonia.

Ciptaannya ini pertama kali dipasang pada 1902 di Sackett-Wilhelms Lithographing and Publishing Company di brooklyn, kota New York. Carrier menerima paten atas “Alat untuk Menangani Udara” pada 1906, tahun yang sama seorang insinyur dari Carolina Utara, Stuart Cramer, menelurkan istilah “air conditioning (AC).”

Pada 1915, Carrier dan enam temannya mendirikan Carrier Engineering Company. Di sana ia terus mengembangkan teknologi AC. Pada 1930-an, AC dipasang di berbagai gedung komersial di Amerika.***

TAHUKAH KAMU: siapa penemu AC?

Willis Carrier menerima paten atas “Alat untuk Menangani Udara” atau Air Conditioner pada 1906. Credit Photo: www.carrier.com

Ya, itu tadi sedikit sejarah tentang penemu AC. Mengejutkan bukan? Tunggu sampai saya ajarkan para penemu hebat lainnya.

Sumber: Tom Philbin, The 100 Greatest Inventions, PT Bhuana Ilmu Populer (Kelompok Gramedia), Jakarta, 2010.

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top
RajaBackLink.com
x