Info Feed

Yuk, Cek Sepatu Hiking Kamu Sebelum Berolahraga

Olahraga Hiking. Credit Photo: utah.com

Sayaajarkan – Olahraga sepatutnya bukan lagi gaya hidup. Namun, sudah jadi kewajiban dan syarat mutlak bila kamu ingin punya tubuh sehat. Salah satu olahraga yang ringan, murah dan gampang dilakukan adalah hiking. Hiking bisa berarti sekadar berjalan atau berlari kecil, entah itu menyusuri jalanan halus maupun terjal berbatu.

Nah, salah satu aspek penting hiking adalah sepatu yang kondisnya prima. Artinya, tidak menyebabkan lecet atau sakit pada kaki, serta dapat dipakai berjalan dan nyaman. Lalu, apa tanda-tandanya sepatu hiking masih layak digunakan atau tidak? Sini saya ajarkan.

1. Tali.

Jika tali sepatu sudah berurai, gantilah dengan tali baru sebelum rusak saat sedang hiking. Kita tentu tidak mau kesenangan kita jadi terganggu hanya karena tali sepatunya putus di tengah jalan.

2. Lubang tali.

Longgarnya lubang tali membuat ikatan tali sepatu juga mudah lepas dan membuat tak nyaman. Risih kan bila sedang berjalan, tali sepatu kamu lepas ke mana-mana. Bukannya senang, yang ada malah jadi sebal sendiri.

Olahraga Hiking.

Gak ada salahnya mengecek semua perlengkapan hiking, termasuk sepatu. Credit Photo: www.switchbacktravel.com

3. Sol luar.

Pastikan sol luar sepatu masih kasar. Permukaan sol luar yang halus dapat menyebabkan tergelincir. Ini berbahaya, lho. Apalagi di musim penghujan saat banyak jalanan jadi licin usai tergenang air.

4. Sol dalam.

Sol yang tidak empuk lagi membuat kaki tidak nyaman untuk berjalan jauh dan berpotensi menyebabkan lecet. Alhasil, jalan pun jadi tidak leluasa. Hiking yang seharusnya menenyangkan jadi terasa menyakitkan.

5. jahitan.

Periksa jahitan luar sepatu, terutama bagian yang menyambungkan sol luar dengan badan sepatu. Ini penting untuk menjaga supaya sol luar tidak lepas ketika sedang dipakai berjalan jauh.

6. Struktur Keseluruhan.

Apakah pada sepatu kamu terdapat rongga akibat sobekan atau bentuknya sudah berubah? Bila struktur keseluruhan sepatu sudah berubah, saatnya beli sepatu baru.

Olahraga Hiking.

Daripada nantinya merepotkan, lebih baik beli sepatu hiking baru kalau koleksi lama kita sudah rusak. Credit Photo: www.switchbacktravel.com

Nah, bagaimana, Apakah sudah dicek keseluruhannya? Kalau sudah, selamat berolahraga ya. Jangan lupa beritahu kita di kolom komentar jika ada tips-tips yang seru lainnya.

Sumber: Majalah Femina, No. 18/XLIV, edisi 30 April-6 Mei 2016.

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top
RajaBackLink.com
x