Info Feed

Laptop Kotor? Begini Tips Aman Membersihkannya

Bersihkan Laptop Kotor. Credit Photo: Gizmodo.com

Sayaajarkan – Laptop kotor pasti tidak enak dilihat. Meski antivirus kamu sudah keren, kebersihan laptop kamu juga mempengaruhi umur perangkat itu sendiri lho. Jangan sampai laptop lambat laun rusak akibat malas membersihkannya.

Dan ngomong-ngomong, tahu dong kalau menurut penelitian, keyboard komputer mengandung lebih banyak kuman berbahaya daripada toilet?

Nah makanya, jangan malas membersihkan laptop kotor meski sesibuk apapun kita bekerja. Membersihkannya pun perlu berhati-hati supaya tidak rusak.

Sini saya ajarkan cara membersihkan laptop yang baik dan benar. Mudah kok!

Bersihkan Laptop Kotor.

Laptop kotor harus dibersihkan secara benar, biar bersih dan gak malah rusak. Credit Photo: Digitaltrends.com

Baca buku manual

Bila ada, bersihkanlah laptop mengikuti petunjuk yang tertulis pada buku panduan dari produsen laptop kita masing-masing. Saat kita membeli laptop, produsen tentu sudah menyediakan cara merawat perangkat yang dijualnya dengan benar. Namun bila tidak ada, gunakan cara-cara berikut:

Sebelum memulai

Pertama-tama matikan laptop, cabut kabel adaptor dan baterai untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan. Membersihkan laptop dalam keadaan menyala bisa menyebabkan kerusakan permanen.

Membersihkan layar laptop

Pertama-tama kurangi debu yang menumpuk dengan air blower atau blower karet. Lalu sediakan kain lap microfiber untuk membersihkan layar laptop atau laptop screen kita.

Gunakan larutan pembersih yang terdiri dari campuran air mineral saja. Atau bila noda sudah berat, gunakan campuran air mineral dan cuka putih dengan perbandingan 50-50. Hindari produk pembersih biasa atau larutan beralkohol lainnya karena zat kimianya dikhawatirkan bisa merusak LCD.

Terakhir, semprotkan air larutan ke kain sedikit saja dan usap layar laptop dengan perlahan dan lembut. Jangan digosok-gosok apalagi ditekan kalau karena bisa merusak LCD.

Bersihkan Laptop Kotor.

Saat membersihkan LCD, jangan gunakan sembarang kain, tisu atau apapun juga karena bisa takutnya malah menggores layar LCD. Credit Photo: Realestatetomato.com

Membersihkan keyboard laptop

Cukup bersihkan debu menggunakan air blower atau blower karet. Untuk keyboard kita juga bisa memakai brush make up.

Membersihkan body

Sama seperti saat membersihkan layar, membersihkan permukaan juga bisa menggunakan air blower serta kain serat mikro dan larutan pembersih.

Catatan: Jangan terlalu banyak menggunakan larutan pembersih karena dikhawatirkan bisa membasahi komponen laptop dan merusaknya. Juga jangan semprotkan langsung larutan pembersih tersebut ke layar maupun casing laptop.

Bagaimana, tidak sulit bukan membersihkan laptop kotor? Selamat mencoba!

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top
RajaBackLink.com
x