Info Feed

Writer’s Block? Tips Atasi Kebuntuan Menulis

Tips atasi writer's block

Sayaajarkan – Penulis paling jago dan terkenal di dunia pun tak kebal dari yang namanya kebuntuan menulis alias writer’s block. Pengarang novel dan buku best seller, blogger semua pasti pernah mengalaminya.

Writer’s block adalah hal paling menyebalkan sedunia bagi seorang yang menggantungkan hidupnya dari dunia tulis-menulis. Apalagi mungkin, bagi freelancer pemula yang penghasilan per bulannya belum banyak.

Hati-hati guys, kalau tidak segera diatasi dan berlarut terlalu lama, mau makan apa? Sini saya ajarkan tips menyingkirkan writer’s block versi saya supaya kita lancar menulis lagi!

Tips Atasi Writer’s Block

Ganti tempat kerja

Jangan sepelekan penampakan ruang kerja kita. Mungkin hanya butuh laptop dan koneksi internet dalam bekerja, tapi tata meja dan ruang, hingga pemandangan sekitar berperan penting lho.

Meja sudah kita rapikan, interior sudah dipindah dan kaca jendela sudah dibersihkan namun mood masih sama? Bagi yang bekerja secara remote, coba pindah dari sana. Kalau biasanya menulis dari meja belajar di dalam kamar saja, cobalah bekerja dari meja makan di dapur, teras, dan lain sebagainya.

Ganti suasana dengan ke luar rumah juga bisa dilakukan. Jika ada uang lebih, berbagai coffee shop dan coworking space menarik patut dicoba.

Cari bacaan baru

Menulis dan membaca adalah dua hal yang tidak terpisahkan. Mau menulis apa kalau malas membaca?

Mungkin saja kita kehabisan ide karena kekurangan referensi. Coba cari bahan bacaan baru. Keluar dari zona nyaman, tak melulu topik yang kita kuasai sehari-hari. Meski mungkin kita tak akan menggunakannya 100 persen sebagai bahan menulis, namun ini bisa saja memancing ide dan perspektif baru untuk muncul.

Jadi jangan malas baca. Pergilah ke toko buku atau perpustakaan. Artikel-artikel menarik yang menawarkan sudut pandang berbeda juga banyak bertaburan di internet. Hati-hati hoax tapi ya!

Berhentilah sejenak saat writer’s block melanda, lalu lakukan hal yang bisa memberi inspirasi. Credit photo: EDM.com

Refreshing

Nonton film soal penulis

Mungkin saja writer’s block itu datang karena saking terbiasanya, jadi lupa betapa sebenarnya kita mencintai pekerjaan kita selama ini. Supaya semangat lagi, coba tonton film-film inspiratif soal para wartawan dan penulis keren.

Film-film seperti ‘Before Sunset’, ‘Almost Famous’, hingga ‘The Post’ dan ‘Genius’ mungkin bisa me-recharge semangatmu!

Jalan-jalan!

Coba refreshing atau jalan-jalan. Tidak jadi masalah bila tak ada biaya maupun waktu untuk pergi traveling. Window shopping di mall saja misalnya, atau mengunjungi tempat-tempat dekatnya lainnya untuk “cuci mata.”

Mungkin kita sudah terlalu bosan berurusan dengan huruf dan kata-kata di depan laptop. Saatnya kembali melihat dunia nyata, siapa tahu hal itu akan menyegarkan pikiran kita.

Bagaimana? Siap menulis lagi? Kalau punya tips lain untuk mengatasi writer’s block jangan sungkan beritahu kami, ya!

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top
RajaBackLink.com
x