Info Feed

Demam Berdarah: 6 Tanaman Ampuh Pengusir Nyamuk

6 Tanaman pengusir nyamuk

Sayaajarkan – Jangan sampai kita terkena demam berdarah. Penyakit yang ditularkan melalui nyamuk Aedes aegypti atau Aedes albopictus ini bisa sangat mematikan kalau terlambat ditangani.

Juga, lebih baik mencegah demam berdarah daripada mengobatinya. Selain membersihkan rumah lingkungan sekitar dari genangan air hingga melakukan pengasapan alias fogging, berbagai tanaman berikut bisa dipakai untuk mencegah dan mengusir para serangga penghisap darah dari rumah kita.

6 Tanaman Ampuh Pengusir Nyamuk

Sereh wangi

Bila sereh lebih sering dipakai sebagai bumbu dapur, maka kerabatnya, sereh wangi alias citronella kerap dipakai sebagai minyak pijat, aromaterapi, hingga pengusir nyamuk demam berdarah.

Kebanyakan serangga membenci aroma sereh wangi. Menggunakan minyak sereh wangi sebagai campuran spray atau lotion bisa jadi pilihan bijak.

Lavender

Lavender di pekarangan biasanya aman dari serangan kelinci atau serangga. Hal ini disebabkan aroma khas minyak yang terkandung pada daunnya. Wangi tersebut bisa jadi penangkal.

Selain kuat dan tahan lama setelah dikeringkan, tanaman ini juga mampu bertahan di banyak iklim. Yuk tanam lavender di rumah!

Selain membuat kucing kita bahagia, Catnip juga ampuh untuk mengusir para serangga pengganggu. Credit photo: Bonnie Plants

Catnip

Kalau catnip yang dikenal sebagai “ganjanya kucing” ini bisa membuat si pus senang, catnip justru membuat nyamuk enggan datang. Tanaman catnip bisa tumbuh dan ditanam di mana saja. Tapi jauhkan catnip dari kucing kesayangan di rumah, ya! Nanti habis duluan.

Rosemary

Rosemary memiliki wangi yang mirip kayu. Wangi tersebut bisa mengusir nyamuk dari rumah. Selain itu, rosemary yang tumbuh dengan baik di cuaca hangat juga indah untuk dekorasi.

Geranium

Karena cepat layu bila terlalu lama terkena sinar matahari, bunga geranium lebih cocok dipakai sebagai tanaman indoor. Sebagian geranium beraroma tidak enak, namun sebagian lainnya menyenangkan mirip jeruk hingga peppermint dan bisa dipakai sebagai pengusir nyamuk. Warnanya juga menarik, cocok sebagai hiasan.

Basil

Selain untuk keperluan memasak dan ramuan obat, basil juga bisa mengusir hama. Dari lalat hingga nyamuk membencinya. Menanam basil di kebun dan pot, atau menyimpannya dalam wadah untuk mengusir mereka.

Tidak sulit bukan menjaga keluarga kita di rumah dari ancaman penyakit demam berdarah?

Referensi:
– https://www.gardendesign.com/plants/mosquito-repellent.html
– http://www.naturalhut.net/2014/02/kegunaan-minyak-citronella-atau-sereh-wangi.html
– http://sayaajarkan.com/health/2018/02/17/demam-berdarah-tips-91531/

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top
RajaBackLink.com
x